Update Covid-19 Indonesia 12 September: 214.746 Positif, 152.458 Sembuh

WOL Ilustrasi
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Kasus positif Covid-19 bertambah 3.806 pada Sabtu (12/9), sehingga total ada 214.746 kasus di Indonesia. Data tersebut dipaparkan di situs kemkes.go.id hasil tes terhadap 38.571 spesimen.

Dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 152.458 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan 8.650 orang meninggal dunia usai terinfeksi virus Corona. Jumlah pasien sembuh bertambah 2.241 dibanding sebelumnya. Jumlah pasien meninggal dunia juga bertambah sebanyak 106 orang. Sejauh ini, jumlah pasien suspect ada 95.539 orang.

Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat dari hari ke hari. Klaster-klaster penularan baru juga bermunculan di berbagai daerah. Penambahan kasus yang paling tinggi terjadi pada 10 September lalu, yakni ada 3.861 kasus baru.

Para pemangku kepentingan mengambil sejumlah langkah baru. Misalnya, Kepolisian RI akan melibatkan preman mengawasi warga agar mematuhi protokol kesehatan di area publik. Terutama di pasar yang kerap ramai dikunjungi.

Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyampaikan hal tersebut.

iklan

“Di situ kan ada jeger-jegernya di pasar, kita jadikan penegak disiplin, tapi tetap diarahkan oleh TNI-Polri dengan cara-cara humanis,” kata Gatot.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga berencana menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemberlakukan PSBB akan berlaku lagi di Jakarta selama dua pekan mulai Senin (14/9) lusa. Perkantoran, transportasi, dan kegiatan lainnya akan dibatasi demi menekan laju penularan virus Corona.

Namun, rencana Anies ditentang Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Pasalnya, Airlangga ingin 50 persen kegiatan perkantoran tetap bisa dilaksanakan. Mengenai hal itu, Anies dan Airlangga akan bertemu untuk bicara lebih lanjut. (wol/aa/cnnindo/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan