Time Rilis 100 Orang Paling Berpengaruh 2020, Ada Bos WHO Hingga Dokter Spesialis Penyakit Menular

Dirjen WHO Tedros Adhanom (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Iklan

Waspada.co.id – Majalah TIME hari ini merilis 100 nama orang-orang paling paling berpengaruh di dunia pada tahun 2020. Nama-nama yang masuk ke dalam daftar ini berasal dari beragam profesi.

TIME merilis nama 100 orang paling berpengaruh 2020 ini pada Selasa (22/9) waktu setempat. Ada sejumlah nama artis hingga pemimpin perusahaan teknologi dunia dalam daftar ini.

Mereka terbagi dalam 5 kategori, yakni pionir, seniman, pemimpin, tokoh besar hingga ikon. Sebagian nama itu tampak asing. Namun, TIME memasukkannya karena jasanya yang luar biasa dalam kerja kemanusiaan di tengah pandemi Corona ini.

Salah satu di antara mereka adalah seorang dokter asal Jerman, Camilla Rothe. Dia adalah spesialis penyakit menular di Munich, yang membuat timnya menjadi salah satu orang pertama yang mendokumentasikan infeksi tanpa gejala virus Corona.

Laporannya yang diterbitkan tentang penyebaran tanpa gejala pertama kali ditanggapi dengan ketidakpercayaan, penyangkalan dan penghinaan, tetapi akhirnya dikonfirmasi dalam lusinan kelompok pasien untuk menjadi benar dan sekarang diterima secara luas.

iklan

“Penemuannya telah menyelamatkan banyak nyawa, dan jika saja kita semua telah mendengarkan Dr. Rothe sebelumnya, lebih banyak penyebaran bisa dicegah,” tulis Majalah TIME.

Ada pula nama Amy O’Sullivan, seorang perawat yang bekerja 18 tahun di rumah sakit Wyckoff di Brooklyn. Dia merawat pasien COVID-19 pertama di rumah sakit, yang menjadi kematian pertama di kota itu pada awal Maret lalu.

Selain itu, ada nama yang paling dikenal saat pandemi ini, yakni Direktur Jendral (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Bos WHO itu terus menyiarkan informasi terbaru terkait penanganan pandemi Corona yang melanda dunia.

Majalah TIME menggambarkan Tedros sebagai “wajah harapan dan tekad di tengah badai COVID-19” .

Nama besar lain yang masuk dalam daftar ini adalah, Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) Dokter Anthony Fauci. Pakar imunologi berusia 79 tahun ini sering bersitegang dengan Trump, seperti soal soal pemakaian obat hidroksiklorokuin atau obat malaria yang tidak terbukti mujarab sembuhkan pasien corona.

Tokoh lain adalah Sundar Pichai, Bos Google (sekarang Alphabet) yang memimpin perusahaan bernilai triliunan dollar. Pichai masuk daftar ini karena perannya sebagai pemimpin perusahaan teknologi sangat penting bagi zaman teknologi ini.

Berikut daftar 100 orang paling berpengaruh 2020 versi Majalah TIME:

PIONIR

Megan Thee Stallion

Ibrahim X Milik

Tomi Adeyemi

Giannis Antetekuonmpo Nathan

Law Astronot Christina Koch dan Jessica Meir

Julie K Brown

Maya Moore

Zhang Yongzhen

Waad al-Kateab

Gabriela Chamber

Rebecca Gomperts

Lauren Gardner

Shiori Ito

Cecilia Martinez

Chase Strangio

Tourmaline

Abubacarr Tambadou

Camilla Rothe

Ravindra Gupta

Shi Zhengli

 

PEMIMPIN

Anthony Fauci

Tsai Ing-wen

Xi Jinping

Caesar

Joe Biden

Nancy Pelosi

William Barr

Tedros Adhanom Ghebreyesus

Nemonte Nenquimo

Jung Eun-kyeong

Jean-Jacques Muyembe Tamfum

Kamala Harris

John Roberts

Donald Trump

Angela Merkel

Jair Bolsonaro

Narendra Modi

Anne Hidalgo

Mary Kay Henry

Ursula von der Leyen

Bonnie Castillo

Yousef Al Otaiba

Iklan