Tengku Ryan: Mahasiswa Sergai Harus Berjiwa Entrepreneur

WOL Photo
Iklan

PANTAI CERMIN, Waspada.co.id – Tengku Muhammad Ryan Novandi mengajak mahasiswa di Serdang Bedagai (Sergai) sebagai generasi penerus bangsa memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneur).

“Mahasiswa Sergai harus memiliki jiwa entrepreneur yang jeli memanfaatkan usaha dengan terus berinovasi untuk mengembangkan usaha itu sendiri,” sebut Tengku Ryan pada perayaan Festival Pantai Cermin 2020 di Wisma Pantai Cermin, Kamis (24/9).

Ryan mencontohkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Sergai yang dikelola kaum milenial harus go digital untuk menghadapi persaingan dagang baik lokal tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional.

Acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini dihadiri ratusan orang yang terdiri atas pelaku UKM millenial, peserta festival, dan berbagai golongan masyarakat. Acara digagas Persatuan Mahasiswa Pantai Cermin (PERMAP) yang mendapuk Tengku Ryan menjadi narasumber talk show bertemakan ‘Kewirausahaan’.

Dalam kesempatan itu, Ryan yang juga Calon Wakil Bupati Sergai ini menekankan agar mahasiswa harus berwirausaha. Pasalnya, mahasiswa lebih kritis dan disiplin baik secara keuangan maupun waktu dengan berdagang.

iklan

Ketua Bidang Pariwisata BPD HIPMI Sumut tersebut menyebutkan ada tiga hal yang wajib dimiliki serta dijaga dalam membangun dan menjalankan bisnis. Tiga hal tersebut adalah kepercayaan (trust), integritas (integrity), dan menjaga hubungan (relationship).

“Itu penting, trust, integrity, dan relationship. Dengan tiga hal tersebut, kita bisa membangun bisnis kita dari bawah sampai ke puncaknya, disebutlah kita nanti entrepreneur,” ucapnya.

Calon Wakil Bupati Sergai yang berpasangan dengan Soekirman ini menyebutkan mahasiswa menjadi solusi dari masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Ryan berpesar mahasiswa harus berani ambil risiko, agar tahu kapasitas diri sebagaiman jiwa yang dimiliki seorang entrepreneur.

Di akhir paparannya, pria yang akan menginjak usia 28 tahun per November mendatang ini mengajak usaha milenial di Sergai bahkan usaha lain yang sudah digagas turun temurun segera go digital untuk meningkatkan omset dan penjualan. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan