Tanpa Messi dan Ronaldo, Ini Nominasi Pemain Terbaik UEFA

foto: uefa
Iklan

NYON, Waspada.co.id – UEFA telah mengumumkan nominasi pemain terbaik atau UEFA Men’s Player of the Year 2020, Rabu (23/9). Tahun ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi gagal menembus tiga besar.

Bagi Ronaldo, ini merupakan kegagalan pertama kali setelah sembilan edisi terakhir UEFA Men’s Player of The Year. Sebelumnya, CR7 selalu masuk tiga besar sejak 2011. Hal ini terbilang wajar, karena Ronaldo dan Messi mulai menunjukkan penurunan performa.

Di Liga Champions musim lalu, keduanya sama-sama hanya mengemas tiga gol. Sebaliknya, tiga pemain yang masuk tiga besar tahun ini adalah Robert Lewandowski, Manuel Neuer (Bayern Munich), dan Kevin de Bruyne (Manchester City).

Lewandowski tampil sebagai top skor Liga Champions musim lalu dengan 15 gol dan menjadikannya sebagai favorit memenangi Pemain Terbaik UEFA 2020. Neuer, kiper Bayern Munich dan rekan setimnya, juga membantu Die Roten tidak kebobolan di final melawan Paris Saint-Germain (PSG).

Dominasi Bayern pada daftar kandidat peraih penghargaan terbaik UEFA dikarenakan sukses merengkuh treble winner. Musim lalu, tim asuhan Hansi Flick menjuarai Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

iklan

Ketiga pemain tersebut juga terpilih di posisi masing-masing. Penghargaan kiper terbaik akan diperebutkan Neuer dengan Keylor Navas (PSG) dan Jan Oblak (Atletico Madrid). Di posisi gelandang, De Bruyne bersaing dengan Thiago Alcantara (Bayern Munich/Liverpool) dan Thomas Muller (Bayern Munich).

Calon penyerang terbaik UEFA akan menampilkan persaingan antara Lewandowski, Neymar dan Kylian Mbappe (PSG). Posisi bek terbaik dipastikan menjadi milik Bayern Munich karena diperebutkan oleh Joshua Kimmich, David Alaba, dan Alphonso Davies.

UEFA juga memberi penghargaan kepada pelatih terbaik. Tiga nama yang bakal bertarung adalah Hansi Flick (Bayern Munich), Jurgen Klopp (Liverpool), dan Julian Nagelsmann (RB Leipzig). (wol/aa/uefa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan