Ronaldo Dapat Gelar Top Skor IFFHS Keempat

foto: instagram
Iklan

TURIN, Waspada.co.id – Cristiano Ronaldo menerima penghargaan top skor dunia 2019 dari International Federation of Football of History and Statistics (IFFHS) atau Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepakbola atas gol cetakannya di ajang internasional.

Prestasi ini didapat ketika membela Juventus maupun Timnas Portugal. Ini merupakan keempat kalinya bagi kapten Timnas Portugal berusia 35 tahun itu memenangkan penghargaan tersebut. Tiga trofi lainnya diraih kala masih bersama Real Madrid pada 2013, 2016, dan 2017.

IFFHS menyebutkan mereka secara rutin sudah kalkulasi gol-gol di dunia sepakbola sejak tahun 1991. Jumlah gol itu sendiri dikalkulasikan dari deretan pertandingan ‘A’ internasional, turnamen putaran final Olimpiade, dan juga kompetisi klub internasional (kontinental) dari FIFA, AFC, CAF, Concacaf, Conmebol, OFC, dan UEFA dalam kurun waktu satu tahun kalender.

Pemenang lima Ballon d’Or mencetak hattrick internasionalnya yang kesembilan bersama Portugal pada November 2019. Capaian itu membuat koleksi gol internasionalnya menyentuh angka 99. Kini, sang bintang sudah mengoleksi 101 gol untuk negaranya.

Sepanjang tahun 2019, CR7 mengemas 19 gol dalam sepuluh laga internasional. Bintang Juventus pun butuh waktu sekitar enam bulan untuk menembus 100 gol internasional saat melawan Swedia di pentas UEFA Nations League di awal September.

iklan

“Senang memenangkan penghargaan Pencetak Gol Terbanyak Internasional Terbaik Dunia IFFHS 2019!” tulis Ronaldo melalui akun Instagram miliknya, Sabtu (19/9).

Musim 2019/2020 dilewati Ronaldo dengan membantu Juventus mengamankan gelar scudetto kesembilan secara beruntun. Akan tetapi, Bianconeri tersingkir mengejutkan di babak 16 Besar Liga Champions dari Lyon. (wol/aa/goal/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan