Polisi Ringkus 12 Tersangka Narkoba, Sabu 6,4 Kg dan 2.000 Pil Ekstasi Disita

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Selama periode Agustus – September 2020, Sat Res Narkoba Polrestabes Medan mengungkap peredaran narkoba jenis sabu dan pil ekstasi dengan12 tersangka yang diringkus dari lokasi berbeda.

Dalam pengungkapan itu petugas turut menyita barang bukti sabu seberat 6,4 kg dan 2.000 butir pil ekstasi.

Demikian disampaikan Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar, Jumat (18/9).

Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini menjelaskan penangkapan ini bermula laporan warga dan penyelidikan petugas di lapangan. “Mulai Agustus hingga Desember kita ungkap 8 kasus, dengan 12 tersangka,” jelasnya.

Ronny mengungkapkan, tersangka yang pertama diamankan dua pengedar ekstasi berinsial LW alias L (54) warga Jalan Balai, Desa Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, dan J (39) warga Jalan Binjai KM 10, Asrama Abdul Hamid, Kecamatan Sunggal, pertengahan Agustus.

iklan

“Barang bukti 2.000 butir pil ekstasi, ke dua tersangka kita sergap ketika bertransaksi dengan personel yang menyamar di Jalan Balai Desa,” ungkapnya.

Setelah itu, Ronny menuturkan tersangka berinisial MAN (20) warga Jalan Serdang (Jalan HM Yamin) Gang Ketoprak, Kelurahan Sei Kera, Kecamatan Medan Perjuangan.

“Tersangka MAN ditangkap 1 September, ketika mau mengantarlan sabu naik sepedamotor dari rumahnya ke Gang Obat, Jalan Serdang. Barang bukti sabu 2.150 gram disimpan di dalam jok sepedamotor,” tuturnya.

Kemudian, Senin 14 September 2020, polisi juga menangkap 2 pengedar 1 kg sabu di Jalan Amaliun Medan Kota. Tersangkanya berinisial J (57) dan YH (34) kita amankan dari sebuah warung di Jalan Amaliun.

Lanjut dikatakan Ronny, personel Sat Res Narkoba juga membekuk 7 tersangka lainnya di pertengahan bulan September yakni RG alias B (33) warga Jalan Bandengan Utara dan SI alias H (28) warga Jalan Sirandorung, Gang Aman, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, dengan barang bukti 439,69 gram sabu.

KR alias J (31) warga Sidoarjo Gg Surip Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan ditangkap petugas di rumahnya dengan barang bukti 412,5 gram sabu.

Selanjutnya, polisi membekuk J (29) warga Jalan Asrama Perumahan Bumi Asri Medan Helvetia di jembatan Citraland Jalan Williem Iskandar, dengan barang bukti 229,06 gram sabu. SW (38) di Jalan Cokroaminoto, Kecamatan Medan Perjuangan, dengan barang bukti 193,61 gram sabu.

“Dua tersangka terakhir yakni SA (41) dan ZH (44). Keduanya ditangkap di pintu tol keluar Marelan dengan barang bukti 600 butir pil ekstasi,” terangnya.

Ronny menambahkan, bahwa berkas para tersangka akan segera diserahkan ke pengadilan untuk menjalani persidangan.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan