Penanganan Covid-19 di Sumut Harus Gotong Royong Dengan Daerah

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat launching Mobil PCR Kabupaten Batubara di halaman Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jend Sudirman Medan, Rabu (23/9).

“Pak Zahir, teruslah berkarya dan berbuat kebaikan untuk menolong rakyat kita Saya sangat apresiasi niat baik Bupati Batubara dalam wujud nyata menolong masyarakat dengan menghadirkan mobil PCR ini,” kata Gubsu.

Dalam keterangannya, Zahir mengatakan bahwa keberadaan mobil PCR ini sangat membantu bukan hanya masyarakat Batubara, namun juga masyarakat Sumatera Utara yang membutuhkan.

“Kita sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas dukungan Pak Gubernur selama ini kepada Batubara hingga akhirnya mobil yang memang sangat kita butuhkan ini dapat di-launching,” kata Zahir didampingi Sekdakab Sakti Alam Siregar, Kadis Kesehatan Wahid, dan Kadisdik Ilyas Sitorus.

Disebutkan, Pemprovsu melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 juga akan membantu satu unit peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Pemkab Batubara. Hal ini mengingat posisi Batubara sebagai kawasan strategis nasional dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

iklan

“Peralatan Laboratorium PCR ini akan didistribusikan langsung kepada Pemkab Batubara, Kepulauan Nias, dan Padangsidimpuan,” jelas Edy.

Dengan fasilitas fast lab mobile combat untuk Kabupaten Batubara tersebut, Wahid menambahkan total waktu yang diperlukan dari proses swab sampai analisis PCR kurang lebih 1,5 jam dalam satu hari kapasitas sampel bisa mencapai 100-200 sampel.

Masih menurut Wahid, proses swab pasien di luar jendela mobil sehingga tidak kontak langsung dengan petugas medis untuk mengurangi risiko terpapar satu sama lain. (wol/aa/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan