Pekan Depan, Mahfud Jadi Menkumham Ad Interim Gantikan Yasonna

foto: twitter
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD, kembali ditunjuk menjadi menteri ad interim mulai pekan depan. Kali ini, Mahfud menjadi menteri ad interim atau menteri sementara sebagai Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly.

Adapun penunjukan ini dikarenakan Laoly dikabarkan tengah dinas ke luar negeri menghadiri Sidang Majelis Negara Anggota World Intellectual Property Organization (WIPO) di Jenewa, Swiss.

“Jadi menteri ad interim itu biasa dan rutin saja, tidak ada sesuatu yang terlalu serius,” ucap Mahfud dalam akun Twitternya, Jumat (12/9).

Dalam cuitannya itu, Mahfud turut menyertakan foto surat penunjukannya sebagai Menkumham ad interim yang dikeluarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) tertanggal 9 September. Penunjukan Mahfud itu berdasarkan surat Mensesneg nomor B-691 Mensesneg/D-3/AN.00.03/09/2020 yang ditandatangani Mensesneg Pratikno.

Penunjukan itu dengan demikian menjadi kedua kali, setelah dua minggu sebelumnya Mahfud juga menjadi menteri ad interim Mendagri menggantikan Tito Karnavian. Hal ini lantaran Tito kunjungan kenegaraan ke Singapura.

iklan

Staf Khusus Kastorius Sinaga mengatakan Tito mendapat undangan dari Mendagri Singapura untuk membahas kerja sama penanggulangan Covid-19. Kastorius mengatakan Tito dan Mendagri Singapura membahas keamanan regional serta investasi.

Kastorius pun menampik isu negatif, seperti Tito positif Covid-19 yang bersamaan dengan beredarnya surat tersebut. Namun, dia menjelaskan seharusnya surat Mahfud MD Mendagri ad interim itu hanya dibuat untuk kepentingan internal Kemendagri dan tak beredar luas di publik. (wol/aa/cnnindo/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan