Palestina Kecam Keputusan Pengadilan Israel yang Akan Bongkar Masjid Al-Qa’qa’ karena Tak Miliki IMB

foto: istimewa
Iklan

YERUSSALEM, Waspada.co.id – Pengadilan Israel telah mengeluarkan perintah baru yang berlaku di wilayah pendudukan Yerusalem, untuk membongkar Masjid Al-Qa’qa’ yang berada di Silwan. Pengadilan beralasan masjid suci umat muslim ini berdiri tanpa memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu Agency, yang dikutip Middle East Monitor, pada Jumat (18/9), hakim memerintahkan dan memberi tenggat waktu 21 hari bagi penduduk Palestina untuk mengajukan banding atas putusan tersebut. Jika tidak, maka masjid tersebut akan digusur. Sebelumnya pada 2015, pengadilan tersebut juga pernah memerintahkan penggusuran pada masjid berusia delapan tahun tersebut.

Merasa tak terima, Kementerian Agama Palestina di Jalur Gaza menyatakan mengecam keputusan pengadilan tersebut. Menurut mereka hal tersebut merupakan agresi Israel terhadap Palestina dalam bentuk yang berbeda. Mereka mendesak Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk melindungi masjid tersebut dan tempat ibadah umat Muslim lainnya yang berdiri di Yerusalem.

Menurut laporan lembaga advokasi Israel, Ir Amim, tingkat penggusuran bangunan milik warga Palestina di kawasan Yerusalem Timur oleh pemerintah di wilayah pendudukan pada tahun lalu naik dari tahun 2018. Pada 2018 tercatat ada 72 rumah dan tempat tinggal penduduk Palestina di Yerusalem digusur oleh pemerintah Israel, sedangkan pada 2019 tercatat 104 rumah digusur. (cnn/data2)

Iklan