Pakai Masker Cara Ampuh Cegah Covid-19

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah sampai sekarang masih mencari obat atau vaksin dalam penanganan Covid-19 yang masih melanda seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin cuci tangan, serta menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

“Saat ini cara ampuh untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan selalu memakai masker. Cara inilah obat yang paling mujarab menghadap virus mematikan tersebut,” tegasnya, Rabu (16/9).

Martuani menyebutkan, Polda Sumut saat ini tengah menjalani Operasi Yustisi dengan melibatkan TNI, Satpol PP, serta pengadilan. Menurutnya, operasi yang digelar sebagai upaya menyembuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu memakai masker.

“Operasi Yustisi ini juga memberikan sanksi sosial kepada masyarakat yang tidak memakai masker serta melanggar protokol kesehatan,” sebutnya.

iklan

Martuani menambahkan, pada hari pertama digelarnya Operasi Yustisi, pada Senin (14/9) kemarin yang diselenggarakan serentak di kabupaten/kota di Sumatera Utara, sebanyak 1.366 warga yang ditindak.

Lebih lanjut, dari 1.366 yang ditindak itu, 51 diantaranya pelaku usaha. Menurutnya, selama sepekan untuk sepekan ini Operasi Yustisi hanya memberikan teguran kepada warga maupun pelaku usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Tapi, setelah sepekan ini bagi siapapun yang tidak memakai masker dan protokol kesehatan lainnya, maka sanksi denda akan diterapkan. Sebagaimana peraturan gubernur dan wali kota ada dendanya,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan