Mulai Pekan Depan, Dokter dan Tenaga Kesehatan Dapat Tes Swab Gratis

Ilustrasi (WOL Photo/Ega Ibra)
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, mengatakan dokter dan tenaga kesehatan akan mendapatkan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis mulai pekan depan.

Daeng mengatakan tes swab gratis itu bertujuan memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan yang bertugas.

“Kalau tidak keliru Senin (21/9), Satgas mendorong pemeriksaan gratis untuk rutin diperiksa PCR sekaligus memberikan perlindungan kepada petugas kesehatan,” kata Daeng, Sabtu (19/9).

Daeng menuturkan program tersebut akan resmi diluncurkan bersama sejumlah organisasi profesi kesehatan lainnya, seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Dikatakan, pemeriksaan swab gratis akan dimulai di wilayah Jabodetabek sebelum disebar ke provinsi-provinsi lain, khususnya zona merah Covid-19.

“Dengan arahan, bimbingan, dan dukungan dari Satgas untuk secara masif nanti akan melakukan pemeriksaan PCR swab gratis ke seluruh petugas kesehatan. Mungkin mulai dari Jabodetabek, mudah-mudahan akan menyebar ke seluruh daerah,” kata Daeng lagi.

iklan

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, pun mengimbau agar seluruh dokter dan tenaga kesehatan dapat menjalani tes swab tersebut. Sebagai garda terdepan menangani pasien di rumah sakit, Doni mengingatkan para dokter harus rutin pemeriksaan swab PCR. (wol/aa/kcm/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan