Mendagri Puji Blusukan Online ala Gibran Rakabuming

Tito Karnavian. (Foto: Antara/Gusti Tanati)
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian memuji gaya kampanye menggunakan tayangan video secara daring berkeliling kampung yang diterapkan peserta Pilkada 2020 untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Tito tak menyebut spesifik nama calon kepala daerah yang melakukan hal tersebut. Namun salah satu calon yang diketahui publik melakukan blusukan secara online adalah Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Kota Solo.

“Timnya yang gerak masuk ke kampung-kampung menggunakan layar yang sudah di-setting sedemikian rupa sehingga tidak terjadi pengumpulan masyarakat yang besar. Ini cara-cara cerdas seperti ini,” kata Tito dalam Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Rabu (30/9).

Mantan Kapolri itu bilang banyak cara berkampanye yang efektif selain tatap muka. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial, selebaran, radio, media cetak, ataupun televisi.

Meski begitu, Tito sadar sebagian daerah hanya bisa dijamah dengan kampanye tatap muka karena keterbatasan teknologi. Ia meminta semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat jika harus mengadakan kampanye tatap muka.

iklan

Ia pun menginstruksikan pemerintah daerah dan aparat keamanan untuk mengawal kampanye tatap muka. Tito bahkan meminta jajarannya di daerah untuk bersikap tegas.

“Pertemuan tatap muka terbatas dengan dijaga betul prinsip-prinsip penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain-lain. Di luar itu, kepala daerah dorong sehingga tidak mentoleransi pengumpulan massa,” ujarnya.

Masa kampanye Pilkada Serentak 2020 telah bergulir sejak Sabtu (26/9). Para kandidat dipersilakan berkampanye selama 71 hari hingga 5 Desember mendatang.

Sejumlah aturan diterapkan oleh KPU dalam kampanye di masa pandemi. Beberapa di antaranya adalah pelarangan kampanye rapat umum, pembatasan maksimal 50 orang satu kegiatan, dan kewajiban mengenakan masker.

Salah satu calon kepala daerah yang memakai video daring untuk kampanye menyapa masyarakat adalah Gibran dan Teguh di Pilkada Solo. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tampil dalam video yang dibawa keliling kampung di Solo. (cnnindonesia/ags/data3)

Iklan