Mahfud: Penetapan Paslon Digelar Tertutup, Hasilnya Diumumkan lewat Website

Mahfud MD. (Foto: Okezone)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut rapat pleno pengumuman penetapan pasangan calon (Paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan digelar KPU secara tertutup. Nantinya, hasil tersebut ditampilkan di laman resmi KPU atau di tempel di papan pengumuman di Kantor KPU masing-masing daerah.

“Sekarang ini perlu mendapatkan perhatian untuk pengumuman paslon yang dianggap memenuhi syarat pada 23 September besok akan dilakukan melalui rapat tertutup oleh KPU masing-masing daerah. Hanya diumumkan melalui website dan ditempelkan di papan pengumuman di kantor KPU,” kata Mahfud dalam Rapat Koordinasi virtual, Selasa (22/9/2020).

Lebih lanjut Mahfud menuturkan, untuk pembagian nomor urut paslon dilakukan dua hari kemudian, tepatnya 24 September 2020. Menurutnya, saat pembagian nomor urut pihak KPU hanya akan memanggil paslon dan ketua tim pemenangan.

“Pemerintah berharap pimpinan parpol menyampaikan informasi ini kepada perwakilan daerahnya masing-masing dan dengan bismillah besok akan dimulai dengan pengumuman pasangan calon,” katanya.

Mahfud menuturkan, revisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada 2020 akan diselesaikan dalam waktu dekat Pemerintah, kata Mahfud berharap PKPU tersebut dapat rampung sebelum masuk ke tahapan kampanye.

iklan

“Perubahan PKPU Nomor 10 2020 akan diselesaikan dalam waktu cepat dan diharapkan sebelum 26 September ya, karena itu sudah masuk kampanye, mulai kampanye Pilkada,” tuturnya.

“Perubahan PKPU Nomor 10 Tahun 2020 yang antara lain, mempertimbangkan arak-arakan. Kemudian kerumunan, pelaksanaan rapat umum yang dilakukan langsung yang jumlahnya melebihi dari apa yang sudah ditentukan,” ucapnya

Iklan