Kemenkumham Sumut Pindahkan 137 WB Perempuan ke Lapas Medan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk memaksimalkan pembinaan bagi warga binaan (WB), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumut, memindahkan 137 WB perempuan dari Lembaga Pemasyarakatan Langkat ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) perempuan Medan.

Hal tersebut diucapkan langsung oleh, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumut, Pujo Harinto, saat ditemui Waspada Online di kantornya, Jumat (18/9).

“Kita memindahkan 137 warga binaan yang ada di Lapas narkotika Langkat ke Lapas perempuan di Medan,” ucapnya.

Kadivpas itu juga menjelaskan, karena Lapas perempuan di Tanjunggusta Medan sudah tidak muat, maka 137 warga binaan yang dipindahkan dibagi menjadi dua tempat.

“Sekitar 100 kita taruh di Lapas perempuan dan 37 kita tarus di rutan perempuan. Karena di lapas perempuan tidak muat,” terangnya.

iklan

Dikatakannya juga, alasan pemindahan adalah untuk memksimalkan pembinaan, karena Lapas Narkotika di Langkat banyak warga binaan khusus laki-laki, sehingga perempuan dikurung terus di dalam kamar.

“Dan ini tidak efektif untuk pembinaan, pelatihan kerjanya juga tidak efektif, karena tidak punya bimbingan latihan kerjanya. Karena adanya di Lapas perempuan yah kita geser semua. Karena dalam rangka pengefektifkan pembinaan yang ada,” tegasnya.

Namun, Kadivpas itu juga tidak bisa mempungkiri bahwa di setiap Lapas di Sumut sudah over kapasitas termasuk di Lapas perempuan Tanjunggusta Medan.

“Total isi saat ini ada 698, sedangkan kapasitasnya hanya 420 orang,” pungkasnya.(wol/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan