Kadisdik Batubara: Kami Peduli Nasib Guru Termasuk Non ASN

WOL Photo
Iklan

BATUBARA, Waspada.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara tetap mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan, termasuk kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN/honorer.

“Hal ini saya pastikan didukung oleh Pemkab Batubara melalui kepemimpinan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP,” kata Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus di sela-sela launching Mobil PCR Kabupaten Batubara di Posko Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Rabu (23/9) kemarin.

Menurut Ilyas, Pemkab Batubara selama ini berupaya mendukung kesejahteraan guru ASN maupun non PNS/honorer. Hanya saja, dalam pelaksanaannya gaji honorer tetap memperhatikan kemampuan anggaran daerah.

“Memang dalam juknis permendikbud ada aturannya tentang itu, namun aturan Kemdikbud tidak serta merta bisa dijalankan begitu saja, karena tetap juga memperhatikan kemampuan keuangan kita di daerah, khususnya di Batubara ini,” papar mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini.

“Besaran gaji guru honorer kita saat ini masih tergantung dari kemampuan masing-masing sekolah, termasuk kemampuan APBD juga. Saat ini keterbatasan anggaran yang kita miliki baik di sekolah, dinas maupun secara keseluruhan di APBD Kabupaten Batubara itu sangat-sangat terbatas,” imbuhnya.

iklan

Ilyas pun menambahkan pihaknya tidak antikoreksi atau kritik. Karena itu, dirinya memahami orasi yang disampaikan perwakilan mahasiswa terkait kesejahteraan guru honorer. Hanya saja, Ilyas juga berharap mahasiswa sebagai calon kaum intelektual turut memberi usulan solusi.

“Disdik tidak antikoreksi, silakan ingatkan kami, tetapi beri juga solusinya. Jangan hanya menyalahkan karena kita tidak akan bisa jalankan sendiri. Tentu penting adanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk mahasiswa,” sebut Ncekli, sapaan akrab Ilyas. (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan