Kadisdik Batubara Gandeng Penerbit Nasional Bantu Taman Bacaan

WOL Photo
Iklan

TANJUNGTIRAM, Waspada.co.id – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan bagi masyarakat terhadap keberlangsungan literasi, khususnya dalam mengembangkan budaya baca.

Hal tersebut dikatakan Kadis Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus saat menghadiri ramah tamah dengan pengurus dan warga TBM Khasanah Desa Bandar Rahmad, Kecamatan Tanjungtiram, Kabupaten Batubara, Jumat (25/9).

Lebih lanjut, Ilyas mengatakan bahwa Taman Baca Masyarakat paling tidak mempunyai fungsi sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat dan anak-anak untuk belajar mandiri sekaligus penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan.

“Di samping itu, TBM juga harus berfungsi sebagai sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan lainnya sesuai kebutuhan. Lalu, mampu menjadi sumber rujukan yang menyediakan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan lainnya maupun sebagai hiburan di waktu senggang,” papar Ilyas.

“Saya sangat support prakarsa kelompok adik-adik mahasiswa dan kelompok pemerhati. Ini luar biasa, makanya saya sengaja hadir bersama kawan-kawan penerbit untuk membantu dan memenuhi kebutuhan TBM ini,” tambah Ncekli, sapaan akrab Ilyas.

iklan

Dikatakan, Pemkab Batubara mengapresiasi TBM tersebut yang berfungsi sebagai pembelajaran, hiburan, dan informasi. Ilyas menambahkan ada banyak nama yang digunakan TBM, seperti Rumah Baca, Pondok Baca, Taman Baca, Warung Baca, namun hakikatnya memiliki fungsi yang sama.

Mantan Karo Humas Protokol Provsu ini juga mengatakan manfaat taman baca tersebut dapat meningkatkan kualitas TBM dalam rangka merealisasikan budaya baca serta media pengembangan demi tercapainya masyarakat literasi.

Kepala Desa Bandar Rahmad, Muh Riswan, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian Kadisdik Batubara yang turut membantu pengembangan TBM di desa tersebut. Pada kesempatan itu, Ilyas menggandeng sejumlah penerbit nasional, di antaranya Grafindo, Erlangga, Tiga Serangkai, dan Intan Pariwara. (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan