Ini Yang Dilakukan Hotel Agar Bertahan Saat Pandemi

WOL Photo/Ega Ibra
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pariwisata adalah salah satu dari sekian banyak sektor yang terkena imbas secara langsung akibat adanya Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Secara tidak langsung, Hotel sebagai salah satu pendukung bisnis pariwisata juga mengalamai imbas akibat merebaknya virus yang masuk ke Indonesia sejak awal Maret 2020.

General Manager Hotel Radisson Medan, Frank Mayland mengungkapkan pihaknya tidak mempunyai banyak pilihan agar terus bertahan di bisnis perhotelan saat Covid-19 masih melanda, terlebih lagi Jakarta sebagai Ibu Kota kembali menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) akibat kasus Corona yang terus meningkat.

“Sebelum pandemi tamu kita kebanyakan dari Jakarta, kita bisa lihat berapa flight (penerbangan) dari Jakarta per-hari, kalau sekarang paling ada 20 atau 30 flight per-hari. Tidak ada pilihan lain untuk bertahan di bisnis ini,” ungkap Frank, Jumat (11/9).

WOL Photo/Ega Ibra

Frank menjelaskan, saat ini pihak Radisson Medan telah menyiapkan strategi untuk terus bertahan dengan lebih atraktif dan proaktif terutama untuk menjaring tamu-tamu untuk area lokal seperti keluagra yang mau berlibur dengan menginap di hotel.

“Kita harus lebih atraktif lagi, lebih proaktif lagi untuk area lokal saja. karna tidak mungkin juga kita mencari tamu dari luar lagi, tidak bisa. Jadi yang paling dekat dari sini hanya Aceh dan Pekan Baru atau warga lokal yang mau menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menginap di hotel, itu yang paling bisa. Karna itu sekarang kita baru buka sales di Aceh dan Pekan Baru, jadi mereka ini yang akan giring tamu ke kita. Ini salah satu cara untuk bertahan dibisnis saat pandemi ini,” jelasnya.

iklan

Untuk diketahui, Hotel Radisson Medan kembali beroperasi dengan sejumlah inovasi terbaru dan memperketat protokol kesehatan untuk menjamin keamanan pengunjung hotel saat menginap seperti, mewajibkan penggunaan masker di seluruh area hotel, menyediakan cairan pembersih tangan di sejumlah titik, pemeriksaan suhu tubuh, dan melakukan desinfeksi di setiap kamar dan fasilitas hotel sebelum dan setelah digunakan oleh pengunjung. (wol/ega/data2)

Iklan