Cara Aman Berwisata Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

foto: istimewa
Iklan

Waspada.co.id – Bagi sebagian orang, tidak melakukan aktivitas di luar rumah selama berbulan-bulan karena pandemi tentu bisa menimbulkan rasa jenuh Untuk mengatasi hal itu, mereka mencoba untuk menenangkan diri dengan bepergian ke suatu kawasan yang tak terlalu jauh dari domisili. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama bepergian.

Untuk tetap aman selama bepergian, ada sejumlah prosedur keamanan yang wajib Anda turuti. Seperti apa ya prosedur tersebut? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Perjalanan Udara
Jika Anda memilih perjalanan udara atau memakai pesawat saat bepergian di era daptasi kebiasaan baru, usahakan senantiasa menerapkan protokol kesehatan ya. Anda mesti memakai masker dari rumah, mempersiapkan sabun cuci tangan atau hand sanitizer, membawa barang yang mudah dijangkau di tas, dan duduk dengan jarak yang cukup (minimal 1 kursi di pesawat).

Secara umum, naik pesawat akan dirasakan lebih cepat sampai di tempat tujuan. Selama dalam perjalanan, jangan sekali-kali lalai memegang muka sebelum membersihkan tangan dan usahakan kurangi menyentuh permukaan benda dalam pesawat.

Pihak pengelola bandara saat ini telah menerapkan beberapa edukasi tentang aturan kebiasaan baru dengan menjaga kesehatan. Anda bisa mencari tahu informasi penting tersebut sebelum bepergian dengan pesawat.

iklan

2. Perjalanan Darat
Perjalanan darat biasanya memakai armada kendaraan berupa mobil pribadi, shuttle atau bus. Untuk lebih amannya memang cukup baik ketika Anda dari satu tempat tujuan pertama memakai mobil pribadi karena diisi oleh penumpang yang berasal dari 1 titik. Namun, naik bus atau shuttle juga tak kalah aman dan nyaman lho, selama Anda tetap mematuhi protokol kesehatan.

Misalnya saja, jika Anda memilih Cititrans, Anda akan mendapatkan layanan yang telah sesuai dengan protokol kesehatan selama perjalanan. Aturan yang diterapkan untuk kenyamanan perjalanan Anda selama naik shuttle, misalnya:
● Memakai masker
● Jaga jarak antar kursi
● Membawa sabun cuci atau hand sanitizer
● Jangan menyentuh area wajah tanpa cuci tangan dahulu,
● Jika Anda memakai masker kain dengan jarak perjalanan lebih dari 4 jam sebaiknya bawa masker cadangan dan ganti. Untuk masker yang lama bisa ditaruh di kantong plastik tersendiri.

Untuk pemesanan, Anda sebaiknya melakukannya secara online agar lebih aman, misalnya melalui Traveloka. Dalam upaya melindungi penumpang dari potensi penularan COVID-19, sejumlah operator Bus & Travel mitra Traveloka telah mengambil langkah-langkah pencegahan tambahan. Anda dapat memilih layanan yang berlabel Clean Trip untuk kenyamanan bepergian. Pesan tiket travel atau tiket bus bisa menggunakan Traveloka untuk mendapatkan layanan Clean Trip.

Iklan