ASN Pemko Medan Diamuk Warga Terlibat Penipuan Online

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Aparatur Sipil Negara (PNS) Pemerintah Kota Medan ditangkap karena melakukan penipuan online di samping Kantor Wali Kota Medan, Jalan Maulana Lubis, Rabu (16/9) siang.

Adapun identitas pelaku bernama Amri Pratama (31) warga Jalan Karya Amal, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, sempat mencoba melarikan diri hingga diamuk massa.

Informasi yang diperoleh Waspada Online, Kamis (17/9), menerangkan peristiwa ini sudah berulangkali terjadi dan korban selalu terkecoh karena pelaku kerap memakai pakaian dinas dan mengaku bekerja di kantor Wali Kota Medan.

“Sama kami saja setidaknya tiga kali orang melapor menjadi korban penipuan. Rupanya ini orangnya,” sebut salah seorang personel Satpol PP Kota Medan.

Sementara keterangan diperoleh dari korban, Afif, menyebutkan pelaku berpura-pura hendak membeli ponsel yang dijual melalui aplikasi media sosial seperti Market Place, OLX dan lainnya. Saat bertransaksi pelaku selalu mengajak bertemu di Kantor Wali Kota Medan.

iklan

“Setelah bertemu, dia selalu mengaku gagap teknologi (gaptek) alias tidak paham ponsel-ponsel terbaru. Kemudian minta izin untuk mengecek ponsel tersebut ke temannya di lantai atas sembari memastikan tidak akan melarikan diri karena bertugas di Kantor Walikota Medan. Setelah ponsel dibawa, pelaku pun menghilang,” sebutnya.

Peristiwa ini, Afif mengakui sudah berulangkali terjadi dan menimpa sejumlah orang. Itu diketahuinya dari perbincangan para korban yang kerap saling bertemu. Setiap beraksi, pelaku selalu mengincar ponsel-ponsel mahal sekitar belasan juta rupiah.

“Kali ini, pelaku kembali mencoba menjalankan aksinya dan chating dengan saya. Saat itu, dia pura-pura membeli ponsel untuk istrinya. Setelah bertemu di Kantor Wali Kota Medan, saya sengaja mengunci ponsel tersebut dan tanpa sepengetahuannya, mengajak para korban untuk menangkapnya,” akunya.

Saat diamankan, pelaku sempat mencoba melawan dan melarikan diri. Tak berselang lama, petugas Polsek Medan Baru datang mengamankan pelaku untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Aris Wibowo, saat dikonfirmasi belum mau memberikan keterangan terkait ditangkapnya ASN Pemko Medan yang terlibat penipuan online tersebut. (wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan