64,2% Kasus Covid-19 di Tanah Air Berasal dari Pulau Jawa dan Bali

Ilustrasi (Shutterstock)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Tim Pakar Penanganan Satuan Tugas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan pulau Jawa dan Bali berkontribusi tertinggi kasus Covid-19 di Tanah Air. Kontribusi kedua pulau tersebut sebesar 64,2% dari jumlah akumulasi kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Jika kita melihat perbandingan jumlah Covid-19, jumlah kasusnya yang ada di 5 pulau besar Indonesia. Kalau kita lihat dan langsung kita lihat jumlah angka kumulatif kasus Covid-19, memang ternyata Pulau Jawa dan Bali ini berkontribusi 64,2 persen dari total kasus yang ada di Indonesia,” kata Dewi dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

“Jadi memang cukup besar dia berkontribusinya sebesar 64,2 persen yaitu dengan jumlah total kasus 104.590 ini per tanggal 6 September 2020,” jelas Dewi.

Kontribusi terbanyak kedua yakni dari Pulau Sumatera sebesar 11,3%. Namun persentase ini hampir enam kali lipat dari kontribusi Pulau Jawa dan Bali.

“Kemudian kita lihat lagi ternyata memang peringkat keduanya ada di Pulau Sumatera. Tapi kalau yang tadi kontribusinya jauh nih, sedangkan kalau di pulau Sumatera ini sekitar 11,3 persen,” ungkap Dewi.

iklan

Namun, Dewi mengatakan jika dilihat dari jumlah kasus aktifnya Pulau Jawa dan Bali ini persentase kasus aktifnya sebesar 20,26%. Persentase ini justru lebih rendah jika dibandingkan dengan Pulau Sumatera dimana kasus aktifnya sebesar 38,60%.

“Nah kita bisa lihat jumlah kasus aktifnya, lagi-lagi karena memang Jawa dan Bali ini kasus aktifnya memang tinggi ada 23 ribu orang. Tapi sekarang kita lihat dari persentase kasus aktif ya sebenarnya Jawa dan Bali itu persentase kasus aktifnya 20,26% lebih rendah dibandingkan Pulau Sumatera, lebih rendah dibandingkan pulau Kalimantan dan sedikit lebih tinggi daripada Pulau Sulawesi,” jelas Dewi.

Dewi pun menjelaskan, bahwa kasus aktif adalah jumlah kasus yang menggambarkan orang positif Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.

“Jadi kasus aktif itu memang adalah jumlah kasus yang menggambarkan jumlah orang yang sedang sakit. Bisa bentuknya sedang dirawat di rumah sakit, isolasi mandiri namun memang artinya adalah sedang sakit nih,” pungkasnya.

Iklan