Warga Kampung Aur Peringati HUT RI Ke-75 dan Gelar Berbagai Lomba di Tengah Pandemi

WOL Photo/Rumondang Naibaho
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi moment penting bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi warga Jalan Syahbandar Kelurahan Kampung Aur, Medan Maimun, Sumatera Utara. Namun akibat pandemi Covid-19, perayaan tujuh belasan tahun ini berbeda dari biasanya.

Walau begitu warga Kampung Aur yang tinggal di pinggiran Sungai Deli tetap melakukan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Mereka menggelar Upacara Bendera HUT RI ke-75 dan beragam perlombaan di halaman depan Masjid Jami’ Kampung Aur.

WOL Photo/Rumondang Naibaho

Berbagai pernak-pernik kemerdekaan juga terpasang memenuhi setiap sisi Jalan Syahbandar Kampung Aur. Mulai dari bendera merah putih, umbul-umbul bernuansa merah putih, pita pengikat kepala, juga banner berwarna merah putih dengan berbagai pesan kemerdekaan.

Pembina Sanggar Perkasa Kampung Aur, Zulfan mengatakan dirinya bersama pemuda Sanggar Perkasa menggelar rangkaian kegiatan berupa upacara bendera dan berbagai perlombaan sebagai bentuk cinta tanah air juga menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah bertumpah darah untuk memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Tadi upacara dilaksanakan dari rumah masing-masing sesuai protokol kesehatan. Tapi karena ini perlombaan, jadi kita laksanakan bersama warga. Sebenarnya kita sudah mempersiapkan banyak perlombaan, namun ada beberapa yang kami kurangi, salah satunya panjat pinang, karena panjat pinang harus berdempetan,” katanya kepada Waspada Online, Senin (17/8).

iklan
WOL Photo/Rumondang Naibaho

Para pemuda yang tergabung dalam komunitas Sanggar Perkasa terlihat semangat memadu acara perlombaan yang diikut warga. Adapun jenis kegiatan yang dilombakan yakni, lomba tarik sarung, lomba makan kerupuk, bola keranjang, tari jeruk, tarik tambang, lomba makan oreo, juga berbagai perlombaan yang nantinnya akan disesuaikan dengan keadaan di lapangan.

Zulfan mengklaim pihaknya berani menggelar kegiatan tersebut karena hingga saat ini belum ada kasus Covid-19 di lingkungan Kampung Aur. Ia mengatakan perlombaaan yang digelar hanya dapat diikuti oleh warga Kampung Aur.

“Hanya terbuka untuk warga Kampung Aur saja, kita tidak ngundang warga lain. Jadi kegiatan ini dari kita, untuk kita dan oleh kita saja. Soalnya warga kita disini nggak ada yang tertular,” klaimnya.

Warga Kampung Aur terlihat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilombakan. Anak-anak sangat bersemangat mengikuti perlombaan dengan pernak-pernik kemerdekaan. Sementara warga dewasa berkumpul melihat anak-anak yang sedang mengikuti perlombaan tujuhbelasan.

Diketahui, Sanggar Perkasa selalu menggelar perlombaan setiap 17 Agustus. Namun biasannya beragam perlombaan dilaksanakan di bantaran Sungai Deli. (wol/ondang/data2)

Editor: Agus Utama

Iklan