Termasuk Rahudman, Ini daftar 5 Koruptor di LP Tanjunggusta Penerima Remisi HUT RI

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 ada lima narapidana korupsi yang mendapatkan remisi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Tanjunggusta Medan.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh, Kepala Lapas Kelas IA Tanjunggusta Medan, Frans Elias Nico saat dikonfirmasi Waspada Online, Selasa (18/8).

Dikatakan, ada lima napi korupsi yang mendapatkan remisi, termasuk mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap.

“Iya bener, salah satunya mantan Wali Kota Medan, Pak Rahudman,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain Rahudman ada empat napi koruptor yang mendapatkan remisi, di antaranya Plt Kadis PU Batu Bara Hari Sukardi, Mantan Bendahara Umum Daerah Pemerintah Kabupaten Toba Samosir Albert Marpaung, Mantan Anggota DPRD Provinsi Sumut Jhon Hugo Silalahi, dan seorang pengusaha Efendy Sahputra yang terlibat dalam kasus suap Bupati Labuhanbatu.

iklan

Nico juga menjelaskan, dari 1.670 narapidana yang ada di Lapas Tanjunggusta Medan terdapat 1.460 narapidana yang mendapatkan remisi berfariasi di HUT RI ke-75.

Sedangkan untuk narapidana yang mendapatkan remisi bebas dari Lapas Kelas IA Tanjunggusta Medan sejumlah 64 orang.

“Namun, tetap harus menjalani masa hukuman pengganti atau subsider karena tidak membayar denda yang telah ditentukan oleh Pengadilan Negeri Medan,” ujar Nico.

Di lain tempat, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Pujo Harinto, menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi napi koruptor, seperti berkelakuan baik selama menjalani pidana sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan.

Sedangkan untuk Tindak Pidana Konupsi, lanjutnya, wajib membayar denda dan uang pengganti, serta memiliki surat keterangan bersedia bekerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (Justice Collaborator).

“Ada yang dapat satu bulan ada yang dua bulan. Sesuai dengan syarat yang sudah dipenuhi mas,” terangnya menjelaskan remisi yang didapat napi korupsi.(wol/ryan/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan