Terjun ke Dunia Bisnis, Tengku Ryan: Kepercayaan Adalah Modal Utama

WOL Photo/Ega Ibra
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Tengku Muhammad Ryan Novandi terbilang pemuda yang telah berhasil mendirikan berbagai usaha pada berbagai bidang di usianya yang masih muda. Pria ganteng kelahiran Medan 7 November 1992 ini mengutamakan kepercayaan dalam usahanya.

Pria biasa disapa Ryan ini mengungkapkan hal yang kerap dilupakan banyak orang. Modal utama dalam membangun usaha bukanlah uang melainkan kepercayaan. Baik kepercayaan kepada konsumen maupun kepercayaan kepada rekan bisnis.

“Modal pertama yang perlu kita bangun dalam berwirausaha itu trust. Kalau masalah materi itu masalah kesekian, jadi yang utama adalah trust dulu. Kalau modal kan tergantung jaringan sebenarnya, jadi di atas semuanya itu tetap kepercayaan yang harus dijaga,” kata Ryan saat menjadi tamu podcast Waspada Online baru-baru ini.

Anak sulung mantan Gubernur Sumut (Gubsu) HT Erry Nuradi ini merupakan sosok milenial yang aktif dalam berbagai organisasi sosial di Kota Medan. Salah satunya di Junior Chamber International (JCI) Chapter Medan di mana Ryan menjabat Local President.

Ryan mengatakan berorganisasi itu penting untuk pengembangan dirinya. Selain itu, menurutnya, dalam organisasi Ryan dapat berjejaring dengan banyak orang.

iklan

“Berorganisasi sangat penting. Selain menggali skill dan potensi diri. Kita juga bisa memanfaatkan organisasi untuk membangun jaringan atau networking,” katanya.

Diketahui, lulusan Boston University Amerika Serikat ini pernah memulai usaha pada bidang Wedding Organizer (WO), startup, dan juga wisata. Berkat ketertarikannya pada dunia bisnis di bangku SMA, kegigihannya kini membuahkan hasil yang mengantarnya menjadi wirausahawan sukses.

Kini, suami dari Ariska Putri Pertiwi yang juga runner-up ketiga Putri Indonesia dan Miss Grand International 2016 juga sedang meniti karir di dunia politik. Sebagai putra daerah, Ryan memiliki visi misi untuk membangun dan memajukan Kabupaten Serdang Bedagai pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. (wol/ondang/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan