Tengku Ryan Ajak Masyarakat Lestarikan Mangrove di Sergai

WOL Photo/Suef
Iklan

PERBAUNGAN, Waspada.co.id – Tengku Muhammad Ryan Novandi, calon Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), menanam bibit bakau (mangrove) sebagai bentuk kepedulian terhadap keseimbangan lingkungan.

Penanaman mangrove dilakukan bersama warga dan nelayan dari Aliansi Nelayan Bersatu (ANB) di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Minggu (23/8). Hadir di antaranya, Ketua ANB Sutrisno, Ketua Mangrove Muara Baimbai Irwan Syahril, pengurus ANB, dan masyarakat.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan kaum ibu-ibu yang turut menanam mangrove berebut swafoto dengan Tengku Ryan. Dengan senyum khasnya, putra mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dan Bupati Sergai HT Erry Nuradi tersebut meladeni permintaan ibu-ibu.

“Mangrove ini penting, harus kita lestarikan untuk keberlanjutan kehidupan,” ucap Ryan.

Pasangan Bupati Soekirman yang maju sebagai petahana pada Pilkada Serentak 2020 mendatang ini menambahkan bahwa di ekologi mangrove banyak menopang kehidupan baik untuk makhluk hidup lautnya maupun darat atau pantai.

iklan

“Mangrove penghasil oksigen, mencegah abrasi area pinggir pantai, tempat hidup hewan seperti burung. Banyak keunggulannya, jadi ayo kita lestarikan,” sebut Ryan di hadapan warga dan nelayan.

Ryan melanjutkan bahwa ke depan potensi wisata dan pengelolaan ekosistem mangrove akan lebih ditingkatkan serta digali potensinya secara terstruktur dan sistematis.

“Ke depan kita akan buat mekanisme pengelolaan mangrove di Sergai ini, harus terukur dan tersistem, agar berkelanjutan dan dengan segala potensinya menambah PAD Sergai yang kita cintai ini,” tutup suami Ariska Putri Pertiwi itu.

Sebelumnya, Ketua ANB Sutrisno mengatakan kunjungan Tengku Ryan tersebut merupakan berkah.

Menurutnya, anak muda seperti Ryan yang maju dalam kontestasi politik di Serdang Bedagai sangat diapresiasi karena mau peduli dan bertujuan meningkatkan potensi mangrove baik dari segi ekonomi maupun pariwisata.

“Ekosistem mangrove sangat penting untuk menopang kehidupan di wilayah pesisir. Di mangrove ini bukan hanya menghasilkan oksigen, banyak juga yang hidup di pohonnya seperti burung, di bawahnya tempat pemijahan ikan,” sebut Sutrisno.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan