Tanggul Sei Kera Jebol, Rumah dan Ratusan Hektare Sawah Terendam

WOL Photo
Iklan

LABUHAN DELI, Waspada.co.id – Tanggul Sei Kera di kawasan Dusun 6 Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhandeli, Kabupaten Deliserdang, jebol akibat diterjang luapan air bah sungai, Rabu (12/8).

Dampaknya, selain merendam puluhan rumah, juga mengakibatkan terendamnya ratusan hektare areal sawah milik warga setempat. Dengan demikian, tanaman padi di sawah itu terancam gagal panen.

Dari pantauan, jebolnya tanggul selebar tujuh meter ini dikarenakan kondisi benteng yang sudah kritis.

“Jadi ketika hujan deras kemarin malam, debit air sungai yang tinggi langsung menjebol tanggul,” kata Donny, warga setempat.

Sejumlah warga turut mengeluhkan dan menyesalkan jebolnya tanggul, karena ini menimbulkan kerugian besar bagi mereka.

iklan

Menurut penuturan tokoh masyarakat setempat, Muhammad Nasir Johan, terkait kondisi tanggul itu sebelumnya sudah beberapa kali diajukan warga agar diperbaiki dan dibangun secara permanen kepada pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) II Sumut.

Bahkan sejak tahun 2010 sudah diajukan melalui dewan perwakilan daerah, namun tidak pernah kunjung terealisasi secara permanen. Langkah perbaikan tanggul itu dilaksanakan hanya sebatas mengeruk tanah untuk kedalaman alur sungai. Lalu, tanah hasil kerukan pula yang ditimbun ke badan tanggul sehingga dipenuhi sampah bekas kerukan.

Terkait masalah ini, warga meminta kepada Pemprovsu melalui BWS II untuk melakukan perbaikan total, agar dampak banjir tidak meluas. Warga juga meminta Plt Wali Kota Medan turut antisipasi melalui pengerahan aparatur kecamatan, apalagi luapan mengarah ke Kelurahan Tangkahan Besar dan Kecamatan Medan Labuhan. (wol/ril/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan