Saksikan Penyembelihan Kurban, Pesan Gubsu: Jangkau Masyarakat Akar Rumput

Foto:
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyaksikan penyembelihan hewan kurban Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut di pelataran Kantor PKK Sumut, Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Minggu (2/8).

Ada empat ekor sapi yang disembelih, salah satunya dari Gubsu yang juga Dewan Pembina PKK Sumut. Usai penyembelihan, Edy berpesan agar pembagian daging menjangkau masyarakat akar rumput, khususnya yang paling terdampak pandemi Covid-19.

“Banyak hikmah yang bisa kita petik dari ibadah kurban. Salah satunya adalah sifat kedermawanan yang paling perlu kita tingkatkan saat ini. Saling peduli dan berbagi dengan saudara kita yang terdampak Covid-19,” ujar Gubsu didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi.

Hikmah lainnya, sambung Edy, adalah belajar makna pengorbanan, tabah, dan ikhlas dari kisah Nabi Ibrahim saat harus menyembelih anaknya (Ismail) sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT. Diharapkan makna dan hikmah ini bisa diterapkan dalam menghadapi pandemi saat ini.

“Khususnya tabah dan ikhlas, karena ini semua merupakan ketentuan Allah. Masa-masa ini kita jadikan moment untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah,” pesannya.

iklan

Ketua TP PKK Sumut, Nawal Edy Rahmayadi, menjelaskan empat ekor sapi kurban yang disembelih dibagikan kepada masyarakat sekitar kantor PKK Sumut dan masyarakat paling berhak menerima, khususnya yang terdampak Covid-19.

“Daging kurban akan diantarkan langsung ke rumah-rumah masyarakat untuk menghindari kerumunan. Sekitar 600 bungkus daging kurban kita bagikan untuk rumah-rumah di sekitar kantor, masyarakat pinggiran Sungai Deli, pekerja upah harian, dan lainnya. Insya Allah sesuai dan benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak,” ucap Nawal.

Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah dan Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah datang menyusul serta turut mengapresiasi pelaksanaan kurban di lingkungan PKK Sumut maupun pembagian daging kurban yang menggunakan besek. Wagub juga mengapresiasi pemanfaatan lahan kantor untuk menanam tanaman pangan.

“Kita harus menjadi contoh untuk masyarakat, memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman-tanaman pangan. Hal ini mewujudkan masyarakat yang berdaya dan kuat, khususnya dalam menghadapi pandemi saat ini. Ketahanan pangan menjadi salah satu sumber kekuatan untuk bertahan,” ujarnya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan