Resmi! Juventus Tunjuk Pirlo Sebagai Pelatih Baru

Foto: twitter
Iklan

TURIN, Waspada.co.id – Juventus resmi menunjuk Andrea Pirlo untuk mengambil alih tongkat kepelatihan menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat. Mantan gelandang Timnas Italia itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun di Allianz Stadium, Minggu (9/8).

Keputusan mengangkat Pirlo merupakan langkah berani dari Juventus, mengingat sang legenda sama sekali tidak pernah punya pengalaman melatih di level junior maupun senior. Pirlo sejatinya baru didapuk sebagai pelatih Juventus U-23 bulan lalu, namun belum sempat memimpin tim hingga langsung promosi melatih Cristiano Ronaldo cs.

“Keputusan hari ini didasarkan pada keyakinan bahwa Pirlo, dari debutnya di bench, memiliki kapasitas untuk memimpin sebuah skuad mumpuni dan bertalenta untuk mengejar kesuksesan baru,” demikian rilis resmi Juventus.

Dalam empat tahun karier bermainnya bersama Juventus, Pirlo menjadi komponen penting yang membantu Bianconeri memborong empat titel Serie A dan runner-up Liga Champions 2014/2015.

Di pentas internasional, Pirlo mengoleksi 116 penampilan untuk Gli Azzurri dan menjadi bagian skuad saat menjuarai Piala Dunia 2006. Setelah tiga tahun membela New York City FC di MLS, Pirlo gantung sepatu pada 2017. Tak lama kemudian, Pirlo pun mengambil kursus kepelatihan.

iklan

Tantangan berat menanti Pirlo dalam peran barunya. Pasalnya, Juventus merajai Serie A dengan sembilan gelar scudetto beruntun, namun selalu gagal menjuarai Liga Champions. Juventus terakhir merasakan gelar kampiun Eropa pada 1995. (wol/aa/juventus/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan