Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi, Berikut Arti dan Cara Melakukan Self Care

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Iklan

Waspada.co.id – Munculnya wabah covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga mengancam kesehatan mental banyak orang. Betapa tidak, penyakit yang telah menelan 6.500 korban jiwa di Indonesia hingga 21 Agustus 2020 ini telah menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan masyarakat.

Maka tak heran jika banyak masyarakat mengalami gangguan mental di tengah pandemi penyakit yang ditimbulkan oleh virus novel corona tersebut. Beberapa gangguan mental yang kerap timbul dewasa ini misalnya mudah terbawa emosi, stres, cemas berlebihan, depresi, dan sebagainya.

Kecemasan dan gangguan mental ini kemudian akan menimbulkan ketidakseimbangan di otak, yang pada akhirnya timbul menjadi gangguan psikis, atau disebut juga psikosomatik. Ketika seseorang mengalami gejala psikosomatik, maka ia dapat merasakan gejala seperti penyakit covid-19, yakni merasa demam, pusing, atau sakit tenggorokan, padahal suhu tubuhnya normal.

Pada Maret lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau agar setiap orang perlu menjaga kesehatan mental untuk menghindari keluhan fisik yang muncul akibat stres. Karena, ketika seseorang stres, maka sistem imun dalam tubuh akan berkurang. Ini akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Menjaga Kesehatan mental dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yakni ‘Self Care’. Sederhananya adalah self care merupakan kegiatan yang bisa menambah dan meningkatkan energi di dalam dirimu supaya dapat berfungsi dengan baik secara fisik dan mental. Memperhatikan self care dengan baik dapat meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dirimu karena self care itu bagian dari self love.

iklan

Meskipun terlihat sepele, self care sendiri penting untuk dilakukan karena self care dapat membantu individu untuk lebih menghargai diri kamu sendiri setelah berjam-jam berkegiatan. Dengan melakukan segala aktivitas yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kenyamanan diri sendiri. Self care juga mampu mengurangi segala macam penyakit mental seperti depresi, stress atau kecemasan berlebih yang jika diabaikan akan semakin mempercepat laju hidup seseorang.

Rutinitas yang padat membuat kamu sering lupa meluangkan waktu untuk kebutuhan self care, sehingga tak jarang dapat menyebabkan menurunnya produktivitas dan kesehatan diri sendiri. Berikut cara meningkatkan self care agar tercipta keseimbangan di dalam hidup.

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar
Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu sekarang mulai dari kebersihan hingga orang disekitarnya. Tempat tinggal merupakan cerminan diri, biasakan untuk selalu menjaga kebersihan di dalamnya agar suasana berat diluar rumah bisa terobati dengan suasana nyaman di dalam rumah. Perhatikan orang disekitar lingkunganmu, bertemanlah dengan siapa saja tetapi jauhi orang-orang toxic dan tidak suportif bagimu karena itu akan menurunkan tingkat self care mu.

2. Menjaga Komunikasi dengan Orang Terdekat
Bagi kamu yang saat ini sedang merantau cobalah untuk sering menjaga komunikasi dengan orang terdekat yaitu keluargamu terlebih orang tuamu dan teman-teman dekatmu karena merekalah yang senantiasa selalu memberi dukungan saat kamu sedang tak baik-baik saja.

3. Manajemen Stress
Mulailah untuk bisa mengontrol diri dengan melakukan manajemen stress. Hal ini akan sangat penting untuk meningkatkan self care dalam dirimu. Manajemen stress ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan segala keresahan atau kesedihan dalam dirimu, menangis, mendengarkan lagu, bercerita dengan orang yang tepat, dan melakukan kegiatan yang kamu sukai. Terakhir yaitu jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur.

4. Memenuhi Keseimbangan Fisik
Keseimbangan fisik disini seperti memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, perhatikan waktu istirahatmu usahakan cukup dengan mengurangi begadang jika tidak perlu, dan imbangi kesibukan mu dengan berolahraga. Hal itu akan sangat mempengaruhi kehidupa mu.

5. Meluangkan Waktu untuk Sendiri
Coba kamu mulai sekarang luangkan waktu untuk melakukan semuanya sendiri bisa dimulai dengan membaca buku, menonton film favoritmu, berolahrga, jalan-jalan, dan lainnya tanpa mengajak teman-teman mu kemudian rasakan ketenangannya. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk perdebatan dan persetujuan karena kamu bisa lakukan semuanya sendiri, kontrol penuh ada pada dirimu. Hal ini salah satu cara agar kamu lebih bisa mengenal dan mencintai diri mu sendiri. (satupersen.net/ondang/data2)

Iklan