Pemko Medan Dukung Pemprovsu Galakkan Gerakan Masker Sumut

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan bersama Pemprovsu melakukan Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Masker Sumut oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut, Nawal Edy Rahmayadi, di Kecamatan Medan Selayang, Senin (10/8).

Sosialisasi ini dilakukan guna mengajak masyarakat untuk disiplin menggunakan masker serta mencegah meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan dengan disiplin menggunakan masker sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Masker Sumut ini ditandai dengan pembagian 5000 masker kepada TP PKK se Kecamatan Kota Medan yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 5 TP PKK Kecamatan yang ada di Kota Medan yaitu TP PKK Kecamatan Medan Selayang, TP PKK Kecamatan Medan Petisah, TP PKK Kecamatan Medan Helvetia, TP PKK Kecamatan Medan Baru, dan TP PKK Kecamatan Medan Tuntungan di Kantor Camat Medan Selayang Jalan Bunga Cempaka No 54 A, Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang.

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan Khairunnisa Mozasa dan Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis juga membagikan masker secara langsung kepada masyarakat di sekitar Kantor Camat Medan Selayang.

Sebelum membagikan masker kepada masyarakat, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembagian masker ini telah dilakukan beberapa kali semenjak Covid-19 menerpa Kota Medan. Hanya saja, tambah Nawal masyarakatnya yang tidak peduli dan patuh bahkan cuek dengan keadaan saat ini.

iklan

“Sekarang masalahnya ada pada rakyatnya, rakyat yang masih bandel tidak mau pakai masker. Maka dari itu saya berharap dengan adanya camat, lurah dan yang paling penting PKK dapat mengajak masyarakatnya untuk mau menggunakan masker. Karena ibu-ibu biasanya cerewet jadi gunakan kecerewetan tersebut untuk membantu pemerintah dalam menegur warga yang bandel untuk mau menggunakan masker,” jelas Nawal.

Sementara itu, Kadis P3APM Kota Medan Khairunnisa Mozasa mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Masker Sumut khususnya di Kota Medan.

“Kami atas nama Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut atas bentuk kepedulian kepada masyarakat Kota Medan untuk bersama-sama mengajak seluruh masyarakat disiplin menggunakan masker untuk meminimalisir penularan Covid-19 di Sumut khususnya di Kota Medan,” ucap Khairunnisa.

Sedangkan Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis mengungkapkan bahwa Kecamatan Medan selayang telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kecamatan Medan Selayang di antaranya melakukan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan mendatangi tempat-tempat umum dan juga melakukan razia masker di seputaran Kecamatan Medan Selayang. Selain itu, Kecamatan Medan Selayang juga telah melakukan penyemprotan desinfektan dari bulan Maret lalu hingga saat ini, ada sekitar 100 rumah per harinya yang disemprot disinfektan.

“Kami masih terus melakukan upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kecamatan Medan Selayang seperti melakukan sosialisasi, kepada masyarakat mendatangi tempat keramaian untuk melakukan razia masker di tempat keramaian yang bersifat imbauan, pada saat warga kedapatan tidak pakai masker saat razia, warga tersebut diberikan hukuman ringan di tempat. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi melalui kelompok masyarakat terus dilakukan dan digalakkan, butuh kerja sama dari semua pihak baik puskesmas, koramil, dan polsek dalam mencegah penularan Covid-19,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan