MotoGP Ceko: Sensasi Luar Biasa Rookie

Foto: Twitter
Iklan

BRNO, Waspada.co.id – Brad Binder menciptakan sensasi dengan menjuarai MotoGP Ceko 2020 di Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Binder hanya butuh tiga seri untuk merebut kemenangan pertama di MotoGP sebagai rookie.

Pebalap KTM asal Afrika Selatan ini mengungguli Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dengan waktu 41 menit 38.764 detik atau keunggulan 5,266 detik. Podium ketiga direbut oleh Johann Zarco (Ducati) yang mengawali lomba sebagai pole sitter.

Pebalap berjuluk Bradical itu memiliki prestasi terbaik kala merebut gelar juara dunia Moto3 2016. Musim lalu, Binder menjadi runner-up Moto2 2019 di bawah Alex Marquez yang kini memperkuat Repsol Honda. Alex sendiri harus puas di peringkat 15.

Start dari posisi tujuh, Binder tampil luar biasa sepanjang balapan. Binder langsung naik ke posisi empat di lap pertama dan terus menghadirkan kejutan. Fabio Quartararo, favorit juara musim ini, tampil kurang prima dan hanya berada di posisi ketujuh.

“Saya tidak bisa berkata-kata, ini impian sejak kecil dan saya berhasil mewujudkannya. Terima kasih untuk tim, saya tidak tahu apakah punya kemampuan untuk menang, tapi mereka memberi yang terbaik. Saya berharap hasil ini sebuah awal bagi saya,” ujar Binder.

iklan

Di papan klasemen, Binder meramaikan persaingan dengan melonjak ke peringkat lima hasil mengantongi 28 poin. Quartararo masih di puncak dengan 59 angka, unggul dari Maverick Vinales (Monster Yamaha/42 poin), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha/31), dan Andrea Dovizioso (Ducati/31). (wol/aa/mgp/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan