Mengenal Penyebab Kanker Usus, Penyakit yang Diderita ‘Black Panther’ Sebelum Meninggal

Foto: cnbc.com
Iklan

Waspada.co.id – Chadwick Boseman Aktor Hollywood pemeran Black Panther debutan Marvel Studios dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (29/8/) waktu setempat. Pria kelahiran Anderson, South Carolina itu meninggal dunia di usia 43 tahun di rumahnya di Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS).

Juru bicara pihak Boseman, Nicki Fioravante, didampingi istri dan anak Boseman, mengatakan, aktor yang juga dikenal dalam perannya sebagai Black Jackie Robinson dan James Brown ini wafat karena penyakit kanker yang dideritanya. Boseman telah menderita kanker usus besar selama empat tahun.

Kanker usus merupakan salah satu masalah kesehatan baik bagi pria maupun perempuan. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker usus merupakan penyebab kematian kedua terbesar untuk pria dan penyebab kematian ketiga terbesar untuk perempuan.

Kanker usus besar sering kali tidak menimbulkan gejala di awal. Namun, jika Anda sering mengalami gejala gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit, dan memiliki keluarga yang menderita kanker usus besar, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semakin awal terdeteksi, kemungkinan kanker usus besar untuk sembuh juga akan semakin besar.

Mengutip Gooddoctor.co.id, berikut penyebab seseorang terkena kanker usus besar.

iklan

Secara umum kanker ini dimulai saat sel sehat dalam usus mengalami mutasi dalam DNA. Biasanya sel sehat tumbuh dan membelah untuk menjaga tubuh berfungsi normal. Tetapi saat DNA sel rusak itu dapat menjadi kanker. Sel terus membelah dan menumpuk membentuk tumor.

Meski begitu, hingga saat ini sudah terkumpul beberapa faktor risiko, yang diketahui dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap kanker kolorektal. Beberapa faktor risiko tersebut antara lain:

Usia Lanjut, kanker ini bisa berkembang pada usia berapa saja. Namun kebanyakan pasiennya berusia di atas 50 tahun

Peradangan Usus, Kondisi radang usus kronis seperti kolitis dapat meningkatkan risiko kanker

Mutasi Gen, mutasi gen dari generasi ke generasi keluarga dapat meningkatkan risiko kanker usus secara signifikan

Riwayat Keluarga, Jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit kanker usus, makan kamu berisiko besar terkena penyakit ini

Makan, makanan tinggi lemak dan kalori namun rendah serat dapat dikaitkan dengan kanker usus. Beberapa studi mengungkap orang yang suka makan daging merah lebih berisiko terkena penyakit ini

Gaya Hidup, ubah gaya hidupmu yang kurang bergerak. Orang yang tidak aktif lebih mungkin terkena kanker usus

Diabetes, orang dengan diabetes atau resistensi insulin memiliki peningkatan risiko kanker usus besar

Obesitas, orang dengan obesitas lebih berisiko dibanding dengan orang menjaga berat badannya tetap normal atau ideal

Alkohol dan Rokok, pengguna alkohol dan perokok lebih berisiko mengalami kanker usus

Kanker lain dengan perawatan radiasi, Radiasi yang diarahkan ke perut dapat meningkatkan risiko kanker usus

Riwayat kanker usus, jika sebelumnya sudah pernah terkena kanker ini, maka risiko terkena kembali masih sangat mungkin. (gooddoctor/ondang/data3)

Iklan