Medan, Binjai, dan Deliserdang Teken MoU Percepatan Penanganan Covid-19

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sesuai arahan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Sumut, Wali Kota Medan, Wali Kota Binjai, dan Bupati Deliserdang menandatangani MoU optimalisasi percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di kawasan Mebidang.

Tujuannya untuk sinkronisasi program dan kegiatan gugus tugas ketiga kabupaten/kota dengan Gugus Tugas Provinsi Sumut. Komitmen bersama ini ditandatangani Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Wali Kota Binjai M Idaham, dan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang diwakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Penandatanganan disaksikan oleh Gubsu di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (14/8). Dalam komitmen bersama yang digagas Gubsu tersebut, GTPP Sumut dan Mebidang perlu mengerahkan personil, menyiapkan material prosedur dan anggaran untuk mencegah dan menanggulangi wabah Covid-19.

Komitmen bersama tersebut juga menekankan pentingnya aktivitas test, tracing, intervensi dan treatment dalam penanggulangan Covid-19. Ketiga daerah dianggap paling terdampak Covid-19 serta diminta memenuhi kebutuhan dan penegakan protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi masif serta bersinergi dengan stakeholder.

“Poin-poin itu saya mohon bisa dipenuhi ketiga daerah ini. Bila ada yang kurang harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, kita akan bantu. Kita fokus ke tiga daerah ini karena penyebaran Covid-19 mereka paling tinggi,” kata Edy.

iklan

Untuk bidang sosialisasi, edukasi, simulasi,dan penegakan protokol kesehatan, GTPP Covid-19 Sumut dan Mebidang telah membentuk Tim Monitoring yang terdiri atas unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, masyarakat, dan dunia usaha. Tim ini bertugas langsung ke tengah masyarakat memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan tepat dan menindak pelanggarnya.

Sementara itu, GTPP Covid-19 Sumut bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membagikan 5 juta masker untuk masyarakat. Ini merupakan salah satu bagian implementasi Inpres No 6 Tahun 2020 yang menjadi pedoman pembentukan Pergub No 34 Tahun 2020.

Pembagian masker ini secara simbolis diserahkan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi kepada TP PKK Kabupaten/Kota di Posko GTPP Covid-19 Sumut. Selanjutnya, masker-masker tersebut akan disebarkan di daerah-daerah dengan tujuan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Sekarang masker ini sudah menjadi bagian dari kita, seperti baju, celana, helm bila naik sepeda motor. Tetapi, tentu untuk membuatnya menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari kita tidak mudah. Kita perlu mengedukasi dan menyosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Nawal. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan