Lagi, Sinabung Semburkan Awan Panas Setinggi 5.000 Meter

WOL Photo
Iklan

KARO, Waspada.co.id – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali erupsi, Senin (10/8) sekira pukul 10.16 WIB.

Informasi dihimpun Waspada Online, erupsi Gunung Sinabung teramati dengan tinggi kolom abu (awan panas) ± 5.000 m di atas puncak dan (± 7.460 m) di permukaan laut.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra, mengatakan erupsi Gunung Sinabung, menyebabkan kolom abu yang berwarna coklat gelap mengarah timur dan tenggara.

“Untuk warga yang terdampak abu vulkanik letusan Sinabung, kami imbau agar melindungi diri dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” katanya.

Armen mengungkapkan, tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih siaga Level III.

iklan

“Sejak Sabtu (8/8) kemarin Gunung Sinabung sudah 3 kali erupsi. Erupsi pertama, Gunung Sinabung dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter di atas puncak lebih kurang 4.460 meter di atas permukaan laut, pada Sabtu dini hari,” ungkapnya.

“Erupsi ke dua Sabtu sore sekira pukul 17.18 WIB dengan ketinggian kolom kurang lebih 1.000 meter,” pungkas Armen.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan