Komitmen Mebidang Tekan Penyebaran Covid-19 di Sumut

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Menindaklanjuti instruksi Presiden terkait upaya meningkatkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 34/2020.

Upaya percepatan penanganan juga dilakukan Gubsu dengan menandatangani komitmen bersama Plt Wali Kota Medan, Wali Kota Binjai, dan Bupati Deliserdang (Mebidang) untuk mengoptimalisasi percepatan penanganan Covid-19, Jumat (14/8). Langkah ini diharapkan dapat menjalin sinkronisasi program dan kegiatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Mebidang dengan GTPP Covid-19 Sumut.

Gubsu menyebutkan Pergub No 34/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Sumatera Utara telah ditetapkan mulai 10 Agustus 2020.

Tujuan Pergub ini, lanjutnya, untuk meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, memberikan perlindungan dari penyebaran dan penularan Covid-19 serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19.

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

“Peraturan ini akan memberikan kepastian hukum terhadap upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumatera Utara,” kata Edy.

iklan

Ditegaskan, pelanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, dan penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Dalam Pergub ini, kewajiban mematuhi protokol kesehatan dikenakan tidak hanya kepada perseorangan, melainkan juga pelaku usaha, pengelola penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum. Kewajiban dimaksud harus memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumut.

Melalui komitmen bersama GTPP Covid-19 Sumut dan Mebidang, ditingkatkan aktivitas test, tracing, intervensi dan treatment bersama dalam penanggulangan Covid-19 di Sumut. Pemprovsu akan berupaya melindungi masyarakat secara masif dengan menyediakan sarana prasarana cuci tangan pakai sabun yang mudah diakses dan penyediaan cairan pembersih tangan plus masker.

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

“Poin-poin itu saya mohon bisa dipenuhi ketiga daerah ini. Bila ada yang kurang bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, kita akan bantu. Mengapa kita fokuskan ketiga daerah ini? Karena di tiga daerah ini penyebaran Covid-19 paling tinggi,” ujar Gubsu.

Kerja sama penanganan bersama Covid-19 ini juga telah membentuk tim monitoring yang terdiri atas unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, masyarakat, dan dunia usaha. Tim ini bertugas menyosialisasikan, mengedukasi, dan mensimulasi protokol kesehatan. Selain itu, memastikan protokol kesehatan dijalankan dan menindak pelanggarnya sesuai aturan sanksi dalam Pergub No. 34 tahun 2020. ***

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan