Kapoldasu Perintahkan Kapolres Dairi Ungkap Dugaan Ilegal Loging di Dusun Gupa Baru

WOL Photo
Iklan

DAIRI, Waspada.co.id – Kepolisian Resort (Polres) Dairi harus segera bertindak mengungkap dugaan perambahan hutan lindung di Dusun Gupa Baru, Desa Pandiangan, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi.

Amatan di lokasi, pelaku ilegal loging di kawasan itu bahkan dengan leluasanya melakukan perambahan di kawasan hutan lindung dengan mendirikan tempat tinggal.

Fakta ini berdasarkan temuan Ketua Adat Lembaga Pak Pak Sulang Silima Marga Pardosi, Rasidin Lembeng. Ia mengetahui kabar itu karena perambahan hutan lindung tersebut terjadi di kawasan lahan Hak Ulayat milik Sulang Silima Marga Pardosi.

“Lokasi perambahan hutannya tidak jauh dari tempat kami kemarin melakukan penghijauan bibit dari KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Konservasi). Setahu saya, kawasan itu daerah hutan lindung, sudah pernah saya minta mereka untuk berhenti melakukan penebangan,” katanya, Senin (31/8).

Menurutnya, para pelaku perambahan hutan itu seolah tak takut akan ancaman hukum yang bakal menjerat mereka.

iklan

“Sepertinya mereka tidak takut, karena sudah saya peringatkan dan saya minta hentikan sejak beberapa bulan lalu. Kemarin, saat kami melakukan penghijauan Kamis (27/8/) lalu, gubuk dan aktivitas penebangan mereka masih berlangsung,” tuturnya.

Rasidin mengaku, informasi yang berhasil ia kumpulkan dari para pekerja ilegal loging tersebut, ada seorang pengusaha yang membekingi mereka.

“Saya sempat menanyakan juga kepada para pekerja itu, siapa yang menyuruh dan memberi izin menebang hutan lindung di sini, di situlah saya mendapati satu nama berinisial GS yang berkoordinasi dengan GP,” akunya.

Rasidin meminta agar aparat Polres Dairi datang ke lokasi dan menangkap para pelaku perambah hutan lindung tersebut.

“Polisi harus segera bertindak, para pelaku ini sudah seenaknya saja. Tidak lagi menghargai aparat. Padahal saya sudah meminta mereka untuk berhenti, tapi seolah kebal hukum mereka seakan tidak takut bila saya laporkan ke polisi,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin yang dikonfirmasi sekaitan informasi langsung menaruh perhatian serius.

Jendral bintang dua ini menegaskan akan memerintahkan Kapolres Dairi untuk mengambil tindakan atas dugaan perambahan hutan lindung itu.

“Terima kasih, saya akan perintakan Kapolres Dairi,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan