Juventus Pilih Pirlo Karena Takdir

Foto: juventus
Iklan

TURIN, Waspada.co.id – Penunjukan Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus yang baru dinilai sedikit mengejutkan. Maklum, Pirlo belum punya pengalaman melatih dan baru saja mengikuti kursus kepelatihan.

Ternyata, manajemen Si Nyonya Tua punya alasan sendiri memilih Pirlo sebagai pelatih menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat pada Sabtu (8/8). Pengangkat Pirlo otomatis menggugurkan kans Mauricio Pochettino, Simone Inzaghi, Massimiliano Allegri hingga Zinedine Zidane.

Keputusan itu juga cukup berani karena Pirlo minim pengalaman sebagai pelatih. Pada 31 Juli lalu, mantan gelandang Timnas Italia itu ditunjuk menangani tim Juventus U-23 dan semestinya jadi pengalaman pertama sebagai allenatore.

Direktur Juventus, Fabio Paratici, menyebut keputusan menunjuk Pirlo sebagai pelatih lebih ke soal firasat. Juventus merasa Pirlo sang tepat menjadi suksesor Sarri dan bakal mencapai level top sebagai pelatih. Ditambah lagi, pria berusia 41 tahun itu memiliki kelebihan dalam hal pendekatan permainan.

“Keputusan untuk mengangkat Pirlo itu sangat natural, dalam gaya Juventus. Karena dia adalah seseorang, yang seperti kami katakan hanya sepekan lalu, sudah selalu dalam kontak dengan semua orang di sini dan itu terasa natural saja,” ungkap Paratici, Minggu (9/8).

iklan

“Kami juga yakin dia ditakdirkan untuk menjadi hebat. Dia ditakdirkan hebat semasa jadi pemain dan kami berpikir dengan percaya diri, bahwa dia bisa melakukan hal yang sama sebagai pelatih,” lanjutnya.

“Andrea punya pemikiran yang sama dalam pendekatan permainan sebagai pelatih dengan saat masih jadi pemain, yakni sepakbola dengan kualitas tinggi dan kerja keras. Dia ingin menawarkan gaya sepakbola tertentu, cara yang secara umum coba diikuti tim-tim Eropa, dan dia sangat meyakinkan dalam penjelasannya terhadap kami,” imbuhnya.

“Kami tidak punya keraguan apapun terhadap Pirlo,” pungkas Paratici. (wol/aa/sky/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan