Jaksa Pinangki Diduga Terima USD500 Ribu dari Djoko Tjandra

Jaksa Pinangki Sirna Malasari (Foto: Ist)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi. Ia diduga telah menerima hadiah atau janji dari terpidana Djoko Tjandra dalam bentuk mata uang asing sebesar USD500.000.

Kapuspenkum Hari Setiyono mengatakan, jumlah besaran uang diterima oleh Jaksa Pinangki masih belum dapat dipastikan. Dia menyebut, pemberian terhadap Jaksa Pinangki dalam bentuk dolar Amerika Serikat pada 2019.

“Jumlahnya masih dalam proses penyidikan. Apa yang didapat dari hasil pemeriksaan atau LHP yang dilakukan pengawasan masih dilakukan kroscek penyidikan. Berapa sebenarnya jumlah yang diterima. Sementara kemarin yang beredar di media hasil pemeriksaan pengawasan itu diduga dollar kalau gak salah ya USD500.000 kalau dirupiahkan kira-kira Rp7 miliar. Karena fluktuasi nilia dolar kita tidak bisa memastikan. Tapi dugaannya sekitar USD500.000,” kata Hari dalam konfrensi pers di Kejaksaan Agung, Rabu (12/8/2020).

Kejagung telah menetapkan Jaksa Pinangki dalam kasus tidak pidana korupasi. Penetapan tersangka setelah dilakukan pemeriksaan dan ditemukan korelasi barang bukti dan alat bukti. “Sehingga ditetapkan terasngkanya yaitu inisial PSM,” bebernya.

Saat ini, penyidik masih melakukan pendalaman ada atau tidaknya pejabat lain yang terlibat. “Dalam perkembangan penyidikan selanjutnya tentu penyidik akan mengupas atau mendalami siapa saja yang berperan dalam hal pasal yang disangkakan terhadap tersangka,” jelasnya.

iklan

Saat ini, Kejagung telah menahan Pinangki di Rutan Salemba Cabang Kajaksaan Agung. Nantinya, Pinangki akan dipindahkan di Rutan khusus wanita Pondok Bambu.

Iklan