Gubsu dan Wagubsu Teken Keputusan Bersama Ranperda PjP APBD 2019

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagubsu) Musa Rajekshah menghadiri rapat paripurna Pandangan Akhir Fraksi dilanjutkan Pengambilan Keputusan Bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan (PjP) APBD 2019, Selasa (18/8).

Rapat agenda Pandangan Akhir Fraksi tentang Ranperda PjP APBD 2019 dipimpin Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Disebutkan, Fraksi Partai Gerindra, Golkar, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, Hanura, dan Fraksi Nusantara menyetujui Ranperda PjP APBD Sumut TA 2019. PDIP menolak dan mengambil langkah keluar dari ruang rapat paripurna.

Dari berbagai pandangan fraksi tersebut, sebagian besar mengapresiasi kinerja Pemprovsu sepanjang 2019. Meskipun begitu, tetap ada catatan penting terhadap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) agar bisa menjalankan program visi misi menuju Sumut yang Maju, Aman, dan Bermartabat.

Agenda Pengambilan Keputusan Bersama terhadap Ranperda PjP APBD 2019 dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumut Salman Alfarisi. Namun rapat tidak dapat dilanjutkan sebelum memenuhi kuorum 2/3 dari jumlah anggota dewan atau 67 orang dari total 100 orang. Setelah peserta cukup, Gubsu dan Wagubsu menandatangani keputusan bersama.

“Pemprovsu berharap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), sehingga kita bisa melanjutkan tugas lain menyusun Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 dan APBD 2021,” ujar Gubsu.

iklan

Menurutnya, proses keputusan bersama terkait satu dan lainnya, sehingga melahirkan sebuah keputusan penting antara DPRD dan Pemprovsu. Dimulai dari penyampaian laporan keuangan ke BPK-RI untuk auditing, penerimaan LHP BPK, penyampaian Ranperda kepada DPRD, kunjungan kerja anggota dewan, pandangan umum fraksi, sampai sinkronisasi.

“Selain itu, tentunya ada hal positif yang perlu kita pertahankan bahkan kita tingkatkan, di antaranya memelihara iklim kondusif di Sumatera Utara. Agar kita dapat melanjutkan perbaikan dan pembangunan yang berkelanjutan, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat berjalan sebaik-baiknya,” jelasnya.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan