Gubernur Bali Belum Bisa Pastikan Buka Objek Wisata

Foto: antara
Iklan

Denpasar, Waspada.co.id – Gubernur Bali, Wayan Koster, belum menentukan waktu wilayahnya dibuka untuk wisatawan mancanegara di tengah pandemi Covid-19. Wayan juga belum bisa memastikan ikut jadwal pemerintah pertengahan September.

Dikatakan, pihaknya akan melihat dinamika terkait perkembangan kasus Covid-19 di dalam dan luar negeri sebelum memutuskan untuk membuka Bali bagi wisatawan mancanegara. Terlebih saat ini tugas berat pemerintah membuat warga disiplin protokol kesehatan. Demikian dikatakan usai rapat koordinasi tingkat Menteri Bidang Perekonomian di kawasan The Nusa Dua, Jumat (21/8).

“Belum tentu mengikuti acuan pemerintah pusat terkait pembukaan Bali untuk wisman. Kami masih melihat dinamika di dalam dan luar negeri. Di Bali sendiri juga masih belum terlalu disiplin,” ucapnya.

Gubernur Bali sempat bertemu Menkumham Yasonna Laoly dan Menlu Retno Marsudi pada 10 Agustus lalu. Dalam pertemuan tersebut, Koster menyampaikan rencana pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara pada 11 September 2020.

Menurutnya, Pemerintah Pusat masih melakukan kajian-kajian terkait perkembangan virus Corona di Indonesia dan berbagai belahan negara.

iklan

“10 Agustus yang lalu, kami sampaikan rencana membuka pariwisata untuk wisatawan mancanegara. Tadinya bulan September, tapi bu Menlu melakukan kajian bahwa kemungkinan baru bisa Desember. Itu pun juga masih sangat terbatas dan belum pasti karena masih melihat perkembangan,” kata Koster lagi.

Koster pun menggarisbawahi Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 11 tahun 2020 tentang pelarangan sementara orang asing berkunjung ke wilayah Indonesia yang masih berlaku hingga saat ini. (wol/aa/cnnindo/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan