GTPP: Tim Dokter Bekerja Sesuai Protokol Kesehatan

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara mengungkapkan dokter yang bertugas menangani Covid-19 telah bekerja sesuai protokol kesehatan.

“Sejak tiga bulan terakhir para dokter yang bertugas menangani Covid-19 bekerja sesuai protokol kesehatan,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM, kepada Waspada Online, Minggu (2/8).

Menurutnya, diterapkannya protokol kesehatan terhadap dokter dan perawat bertujuan mengantisipasi tim medis terpapar Covid-19 dalam menjalankan tugas merawat masyarakat yang terjangkit Virus Corona.

“Jadi setiap dokter maupun perawat yang bertugas dengan sistem 14 hari kerja dan 14 hari libur. Hal ini bertujuan agar imunitas tubuh tim medis tetap terjaga dengan baik dan sehat,” tutur Aris.

Disinggung mengenai sudah adanya dokter meninggal dunia saat menangani Covid-19, Aris mengakui karena tingginya jumlah pasien yang terpapar Covid-19.

Advertisement

“Karena tingginya angkat penyebaran Covid-19 membuat tim medis bekerja keras. Sehingga tidak menutup kemungkinan tim medis juga ikut terpapar Covid-19. Namun begitu semua itu harus tetap dilakukan mengingat telah mendapat sumpah profesi,” akunya.

Diketahui, sudah tujuh dokter di Sumatera Utara meninggal dunia karena terpapar Virus Corona. Nah, untuk jumlah dokter yang paling banyak meninggal dunia berasal dari Kota Medan. (wol/lvz/data3)

Editor: Agus Utama