Dukung UMKM di Kota Medan, Grab Luncurkan Program #TerusUsaha

foto: istimewa
Iklan

Waspada.co.id – Pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap hampir seluruh sektor, termasuk dalam dunia bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Cukup banyak pelaku UMKM yang beroperasional terbatas bahkan berhenti operasional. Hal tersebut berimbas pada tenaga kerja yang kehilangan pekerjaannya.

Sebagai aplikasi serba bisa dan terkemuka di Indonesia, Grab terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di kota Medan pada masa pandemi Covid-19 ini. Dengan merilis program #TerusUsaha yang merupakan program digitalisasi UMKM di Sumatera Utara, diharapkan dapat terus beradaptasi dan berkembang di masa kebangkitan menuju new normal.

Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya dalam virtual press conference, Selasa (11/8), memaparkan #TerusUsaha merupakan program digitalisasi usaha lokal untuk memastikan UMKM terus berkembang walau pandemi.

“Kami melihat sendiri bagaimana para pekerja lepas pelaku UMKM terus membantu ekonomi agar terus berjalan ditengah situasi pandemi sekarang ini. Era new normal membawa begitu banyak perubahan bagi bisnis UMKM. Sehingga UMKM perlu bertransformasi untuk bisa bertahan dan berkembang dengan lebih baik,” jelasnya

Program #TerusUsaha melakukan 6 terobosan untuk mendukung digitalisasi UMKM di kota Medan yakni, digitalisasi pasar tradisional, iklan gratis dan bazaar online, website khusus UMKM, Grab akselerator UMKM dan platform digitalisasi bisnis.

iklan

“Seluruh program itu merupakan semangat kami untuk merayakan semangat juang UMKM khususnya di kota Medan dan Sumatera Utara,” jelasnya

Program #TerusUsaha ini turut didukung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan diwakili Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan, Edliaty Siregar. Edy mengharapkan Grab dapat membangkitkan kinerja usaha koperasi dan UMKM yang terdampak pandemi di Provinsi Sumatera Utara.

“Saya juga sangat mengapresiasi rangkaian solusi digitalisasi yang dihadirkan Grab melalui #TerusUsaha yang tentunya bisa jadi penyelamat bagi banyak pihak. Terakhir, saya juga mengajak para UMKM untuk merangkul digitalisasi agar tercipta perekonomian yang lebih baik di masa depan,” ujarnya

Selaras dengan Gubsu, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan, Edliaty Siregar juga mendukung program #TerusUsaha yang dilakukan Grab Indonesia.

“UMKM kota Medan merupakan salah satu dari banyak pihak yang merasakan dampak dari pandemi covid-19. Pemko Medan mengapresiasi dan siap membantu komitmen Grab untuk mengembangkan UMKM di kota Medan,” kata Kadis dalam sambutannya. (wol/ondang/data2)

Iklan