Diduga Diracun, Pemimpin Oposisi Rusia Diterbangkan ke Jerman

Pemimpin oposisi Kremlin Alexei Navalny (Evgeny Feldman/Novaya Gazeta).
Iklan

OMSK, Waspada.co.id – Pesawat ambulans pengangkut pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny bertolak ke Jerman pada Sabtu (22/8). Navalny diterbangkan ke Jerman untuk menerima perawatan medis.

Pengkritik Kremlin ini sebelumnya jatuh sakit usai minum teh dalam penerbangan pesawat dari Siberia menuju Moskow pada Kamis (20/8) lalu, jelang pemilu regional bulan depan. Para sekutunya meyakini ia diracun.

Berdasarkan laporan AFP, pesawat lepas landas tak lama setelah Navalny tiba di bandara Kota Omsk, wilayah Siberia, langsung dari rumah sakit tempat ia dirawat.

Ia akhirnya bisa diterbangkan setelah seharian penuh kerabat dan dokter berdebat terkait kesiapan kondisi Navalny untuk menjalani evakuasi medis.

Seperti dilansir Antara, Reuters melaporkan Navalny dalam kondisi koma. Sekutu politisi oposisi itu menuduh otoritas Rusia berusaha menghentikan evakuasi Navalny dari rumah sakit di Kota Omsk.

iklan

Mengutip perkataan dokter, Juru bicara Navalny Kira Yarmysh menyebut kondisi Navalny tak stabil dan pihak rumah sakit tak membenarkan pihak kerabat Navalny yang ingin memindahkan pasien oposan Kremlin itu dari rumah sakit.

Sementara itu, Anatoly Kalinichenko, wakil dokter kepala rumah sakit tempat Navalny dirawat, menyatakan pihaknya tak menemukan jejak racun dalam pengujian yang dilakukan. Hal itu ia sampaikan untuk menanggapi dugaan Navalny diracun. (cnn/data2)

Iklan