Zahir: Kurban Tingkatkan Rasa Kebersamaan Dalam Keberagaman

WOL Photo
Iklan

LIMAPULUH, Waspada.co.id – Bupati Batubara, Ir H Zahir MAP, mengharapkan kurban akan meningkatkan rasa kebersamaan dalam keberagaman. Hal tersebut dikatakan Zahir dalam sambutannya yang disampaikan Sekdakab Sakti Alam Siregar SH di lapangan sepakbola Limapuluh, Kamis (30/7).

Zahir mengatakan tahun 1441 H ini ada 38 ekor hewan kurban yang bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Batubara yang diberikan kepada masyarakat. Disebutkan, semua hewan kurban dinyatakan layak dikonsumsi hasil pemeriksaan kesehatan.

Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, menambahkan penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi agama Islam. Pada hari tersebut, diperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang mengurbankan putranya Ismail untuk memenuhi perintah Allah SWT.

Mantan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu menyebutkan banyak manfaat dalam pelaksanaan ibadah kurban. Disamping hari besar memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail, umat Islam juga memaknai hari raya Idul Adha sebagai tanda puncaknya ritual ibadah haji di Mekkah.

“Selain ibadah kurban dan haji, perayaan Hari Raya Idul Adha juga semangat berbagi karena daging kurban tidak hanya disantap bersama keluarga, tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara serta orang-orang yang membutuhkan. Idul Adha dapat menumbuhkan semangat berbagi dan tolong menolong sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar Ilyas.

iklan

Ilyas juga mengatakan Dinas Pendidikan bersama jajarannya akan menyembelih 15 ekor lembu di Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara-Perupuk pada Minggu (2/8). (wol/aa/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan