Wagubsu Optimis Pembangunan Sumut Lebih Baik

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengapresiasi hasil kunjungan kerja (kunker) Tim DPRD Provinsi Sumut ke kabupaten/kota terkait Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019.

Wagubsu pun optimis sinergi dengan DPRD akan membuat pembangunan ke depan lebih baik lagi. Demikian disampaikan saat menghadiri Rapat Paripurna Laporan Tim Kunker DPRD Provinsi Sumut, Selasa (14/7). Pada kesempatan itu, Wagub berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprovsu bekerja lebih baik lagi.

“Laporan dari Tim Kunker DPRD akan kita jadikan masukan, catatan, dan evaluasi, agar kita bisa bekerja lebih baik lagi. Ini masukan yang sangat penting. Kita akan lakukan perbaikan ke depannya dan saya optimis sinergi kita dengan DPRD akan membuat pembangunan di Sumut lebih baik lagi,” kata Wagub.

Menurutnya, Pemprovsu akan tetap fokus pada sektor pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan pertanian. Disebutkan, banyak aspek yang memang perlu menjadi perhatian, tetapi sesuai visi misi fokus pada bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan pertanian.

Ada 12 Tim Kunker yang dibentuk DPRD Provinsi Sumut dan dibagi sesuai dengan Dapil masing-masing. Ketua Tim 1 Parlaungan Simangunsong menyampaikan Pemprovsu sudah lakukan pemeliharaan jalan provinsi sepanjang 6,65km, menutup lubang jalan 432m, dan perawatan selokan di Jalan Marelan (Sp Kantor-Batas Deliserdang)

Advertisement

Selain itu, Pemprovsu juga sudah membangun sarana air minum dan MCK sebanyak tiga buah (Kelurahan Tanah 600, Kelurahan Terjun, dan Pasar 1 Marelan) serta pembangunan sarana air bersih bersumber dari air tanah di Kelurahan Sei Mati.

Untuk pendidikan, Pemprovsu telah membangun dua ruang kelas untuk SMA Negeri 16 Medan dan SMA Negeri 19 Medan. Di SMA Negeri 5 Medan dibangunkan tiga ruang kelas.

“Walau begitu, ada beberapa catatan penting untuk Pemprovsu, seperti peningkatan jumlah debit air di sumur karena di Pasar 1 Marelan sumur bornya kurang tepat sehingga airnya tidak deras. Namun secara keseluruhan realisasi APBD Pemprovsu sudah baik,” kata Parlaungan.

Untuk Dapil 9, Ketua Tim Jubel Tambunan melaporkan Pemprovsu lebih berfokus ke pertanian, seperti memberikan 16 ekor kerbau ke Kelompok Tani Kartini di Desa Parsingguran II dan Kelompok Tani Nauli di Desa Aek Nauli, Kabupaten Humbahas, masing-masing kelompok tani mendapat delapan ekor kerbau.

Menurut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, realisasi APBD Sumut cukup baik. Namun, Baskami menambahkan Pemprovsu perlu merealisasikan masukan-masukan Tim Kunker untuk meningkatkan pembangunan di Sumut secara lebih merata. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL