UFC 251: Jurus Injak Kaki Ala Usman Kamaru Sukses Bungkam Masvidal

Foto: Istimewa

ABU DHABI, Waspada.co.id – Kamaru Usman melancarkan jurus injak kaki dalam duel lawan Jorge Masvidal di UFC 251 Fight Island, Yas Island, Abu Dhabi. Sementara itu Masvidal sempat melontarkan senyum saat sulit lepas dari tekanan Usman.

Mulai ronde kedua, Usman berhasil mendominasi duel lawan Masvidal lewat take down dan teknik gulat. Dalam tiap pergulatan, Usman selalu berada dalam posisi unggul atas Masvidal.

Usman seringkali menyudutkan Masvidal ke pagar Octagon. Dalam kondisi itu, Masvidal sulit lepas dari tekanan dan cengkraman Usman.

Dalam kondisi menyergap Masvidal, Usman seringkali melakukan injakan pada kaki kiri Masvidal selain menyarangkan beberapa pukulan.

Tujuan Usman melakukan injakan Masvidal tak lain untuk memperlemah kuda-kuda Masvidal sehingga mudah dijatuhkan. Namun Masvidal menunjukkan diri sebagai lawan yang cukup tangguh sehingga tak mudah untuk langsung dijatuhkan Usman.

Advertisement

Dalam beberapa kesempatan menekan Masvidal di pagar, Usman terus memperagakan jurus injakan kaki. Efek serangan itu mulai terasa di ronde akhir ketika Usman mulai lebih sering berhasil dalam melakukan take down terhadap Masvidal.

Sementara itu dalam proses pergulatan di laga lawan Usman, Masvidal terlihat beberapa kali tersenyum. Hal ini seolah menunjukkan bahwa Masvidal tak ingin terlihat dirinya mengalami kesulitan menghadapi sergapan Usman.

Senyuman tersebut juga bisa diartikan Masvidal ingin memainkan psy war melawan Kamaru Usman di tengah pertandingan. Namun Usman sangat fokus dan tak terpancing dalam provokasi lewat senyuman yang dilakukan Masvidal.

Usman terus bertarung dengan agresif dan penuh kehati-hatian. Ia tidak mau terlalu lama bertukar pukulan melawan Masvidal. Usman lebih memilih cara bertarung yang menguntungkan dirinya, yaitu menyergan dan menekan Masvidal ke pagar octagon plus melakukan take down dan membawa laga ke ground fighting.

Di akhir pertandingan, Usman menang mutlak dengan tiga juri memberikan keunggulan 50-45, 50-45, 49-46 untuk dirinya. Usman pun sukses mempertahankan sabuk kelas welter UFC. (cnnindonesia/ags/data3)