Tolak RUU HIP, Ribuan Massa Berbagai Elemen Geruduk DPRD Sumut

WOL Photo/Ramondang Naibaho

MEDAN, Waspada.co.id – Ribuan masyarakat Kota Medan datangi Kantor DPRD Sumut untuk menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Idieologi Pancasila (RRU HIP), Jumat (3/7).

Ribuan massa yang hadir tergolong dari elemen mahasiswa, Ormas Islam, Pemuda Pancasila (PP), dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Dalam aksinya, salah satu orator menegaskan bahwa akar dari Negara Indonesia dan Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, karena itu jangan pernah merubah Idieologi negara.

“Jangan diubah dasar negara, dasar negara kita Pancasila, kita cinta NKRI, tolak RRU HIP,” teriak salah satu orator, Masri Sitanggang, mewakili MUI Kota Medan, Jumat (3/7).

Orator itu juga mengatakan, pemerintah harus menghargai jerih payah pejuang-pejuang terdahulu untuk membuat negara Indonesia merdeka. “Perjuangan ulama-ulama kita sudah banyak berkorban untuk mencetuskan Pancasila, Itu harus kita hargai, kita ini diadu-domba, ada cebong dan kampret, kita ini satu,” tegasnya.

WOL Photo/Ramondang Naibaho

Bahkan, pria paruh baya itu juga menegaskan jika dasar negara dirubah maka negara ini juga akan “bubar”. “Apabila itu diubah, maka bubar negara ini, Jadi jangan pernah mengubah dasar negara ini, kami akan kawal maklumat MUI untuk menolak RUU HIP,” pungkasnya.

Advertisement

Masri Sitanggang juga turut menyampaikan penolakannya dengan berorasi dalam aksi damai tersebut. “Bagaimana caranya kita ukur sikap ketuhanan itu dengan sikap kebudayaan kita? Jadi jangan main-main dengan Tuhan,” tegas Masri.

Masri juga mengatakan bahwa dengan adanya RUU HIP ini membuktikan adanya pihak-pihak yang masih ingin merubah Pancasila. “Jadi biasa teriak-teriak Pancasila, ternyata dia mau merubah Pancasila. Pancasila tapi dengan isinya yang berbeda,” ucap Masri.

Berdasarkan pantauan Waspada Online, saat ini, massa masih melanjutkan aksinya di depan Gedung DPRD Sumut. Bahkan massa melaksanakan Sholat berjamaah. (wol/ryan/ondang/data2)

Editor: Agus Utama