Tengku Ryan: Membangun Sergai Menjawab Panggilan Leluhur

WOL Photo/istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – Membangun Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) itu menjawab panggilan leluhur. Demikian diakui Tengku Muhammad Ryan Novandi yang bakal maju sebagai calon Wakil Bupati Sergai mendampingi Ir H Soekirman pada Pilkada Serentak 2020.

“Ajakan Pak Kirman (Bupati Sergai Ir H Soekirman-red) sebagai wakilnya pada Pilkada Desember mendatang ibarat menjawab panggilan leluhur,” jawab Ryan, panggilan akrab putra mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi itu kepada Waspada Online, Minggu (12/7) malam.

Ryan mengaku ajakan tersebut tidak mungkin ditolak dan merupakan suatu kehormatan. Pasalnya, Ryan menyebutkan bahwa merupakan kewajiban sebagai putra asli Sergai membangun kampung halaman sendiri.

“Pak Kirman meminang saya sebagai wakil bupati karena Sergai saat ini membutuhkan generasi penerus. Melanjutkan pembangunan, sejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, Ryan merupakan cucu dari alm Tengku Nurdin yang dikenal sebagai tokoh pejuang Sumut asal Perbaungan, Sergai. Suami Ariska Putri Pertiwi ini juga putra Erry Nuradi yang pernah menjabat Bupati Sergai selama dua periode.

Advertisement

Di usia hampir 28 tahun, Ryan bertekad mengabdikan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya untuk membangun, menata, dan menjaga kerukunan di kabupaten yang pernah dipimpin orang tua dan leluhurnya tersebut.

“Sejak zaman leluhur saya, Sultan Serdang, kawasan itu sudah dihuni beragam suku. Hidup berdampingan dan rukun. Kawasan tersebut terus mengalami kemajuan, terlebih setelah dimekarkan dari Deliserdang,” jelasnya.

Walau terbilang muda, Ryan aktif dalam organisasi nasional maupun internasional seperti Junior Chamber International (JCI) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) serta memiliki pengalaman kerja di Amerika Serikat. Ryan pun berharap dapat menerapkan ilmu dan pengalaman untuk kemajuan masyarakat Sergai.

“Itu tadi, saya menjawab panggilan leluhur. Suatu keharusan bahwa saya harus ada di sana. Memberikan seluruh kemampuan saya untuk kemajuan kampung halaman, terlebih untuk kesejahteraan masyarakatnya,” kata Ryan lagi.

“Saya ikut Pilkada karena ini menjadi kesempatan untuk mengabdi. Sergai itu istimewa. Meski beragam, tidak ada konflik antar-komunitas sosial. Selaras dan berjuang bersama untuk kemajuan daerah. Jadi, jangan sampai itu rusak,’’ tuturnya.

Informasi terakhir, pasangan Soekirman-Ryan sudah positif mendapat dukungan dari Partai NasDem dan Partai Amanat Nasional (PAN). (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL