Syahrial: Kota Tanjungbalai Siap Sukseskan Pilkada Serentak

WOL Photo

TANJUNGBALAI, Waspada.co.id – Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Grand Aston City Hall Medan, Jumat (3/7).

Acara turut dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Rapat juga diikuti perwakilan KPU Sumatera Utara, Bawaslu Sumut, dan sejumlah kepala daerah kabupaten/kota se Sumut.

Adapun rapat tersebut membahas isu strategis dalam rangka memantapkan pelaksanaan Pilkada Serentak dengan penerapan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Diketahui, 23 kabupaten/kota di Sumut akan menggelar Pilkada Serentak 2020 pada Desember mendatang.

Mendagri Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak segera mencairkan seluruh dana hibah pemilihan yang tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Pasalnya, masih ada beberapa daerah yang belum mencairkan.

Menurut Mendagri, pihaknya gembira mendengar laporan dari Ketua KPU dan Bawaslu Sumut yang melaporkan pada prinsipnya semua daerah yang akan menggelar pemilihan di Sumut telah siap.

Advertisement

“Semua siap untuk melaksanakan, bahkan bapak Gubernur sudah memberikan hibah tanah dan kantor untuk KPUD provinsi. Itu menunjukkan kesungguhan Gubernur mendukung proses demokrasi,” katanya.

Wali Kota Tanjungbalai mengatakan bahwasanya sejauh ini Pemkot Tanjungbalai terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Tanjungbalai terkait terkait pelaksanaan Pilkada 2020 di daerahnya.

“Insya Allah, semua berjalan lancar dan kita akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar semuanya berjalan lancar sehingga pelaksanaan Pilkada di Kota Tanjungbalai dapat dilaksanakan 9 Desember mendatang,” tuntasnya. (wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL