Survei: Airlangga Populer, Yasonna Layak Ganti, Susi Favorit

Airlangga Hartarto(foto: viva)

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, melakukan survei terkait popularitas menteri kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hasilnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto paling populer selama pandemi Covid-19.

Survei dilakukan di 135 desa di 30 provinsi di Indonesia pada 8-25 Juni lalu. Dalam survei ini, fokus melihat tingkat kepopuleran dan kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) itu sebanyak 1.350. Survei tersebut menggunakan well being methodology.

“Respon yang hanya populer tetapi justru tidak disukai oleh publik,” katanya, Sabtu (4/7).

Berdasarkan survei, Airlangga mendapatkan 48,3 persen disusul Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian 44,8 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kasubandio 42,8 persen.

Selanjutnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi 39,5 persen, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati 34,9 persen, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara 31,5 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir 27,2 persen.

Advertisement

IPO juga survei menteri yang dianggap layak untuk dicopot. Hasilnya, 64 persen menilai Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly layak diganti. Posisi kedua ditempati Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebanyak 52,4 persen diikuti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 47,5 persen.

Selain itu, nama Susi Pudjiastuti menjadi sosok yang paling diharapkan kembali ke pemerintahan dengan 37,2 persen responden meminta hal tersebut. Selanjutnya, Arief Yahya diminta untuk mengisi posisi menteri lagi. Mantan Menteri Pariwisata (Menpar) itu mendapat dukungan 32,2 persen.

“Responden juga meminta Dahlan Iskan kembali ke pemerintahan. Dahlan memperoleh dukungan sebanyak 31,4 persen,” katanya.

Ada juga nama lain yang berada di luar koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. Nama-nama dimaksud adalah mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Calon Wakil Presiden 2019-2024 Sandiaga Uno.

Bahkan, responden mengusulkan mantan Menteri Perhubungan dan Menteri Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali masuk kabinet. Terakhir, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) juga didukung menjabat menteri. (wol/aa/merdeka/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL