Raker Balee Inong Lahirkan Program Strategis yang Libatkan Perempuan dalam Pembangunan

foto: istimewa
Iklan

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Rapat Kerja Balee Inong se-Kota Banda Aceh Tahun 2020 resmi berakhir setelah ditutup Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Jumat (24/7/2020) di Balee Keurukon Gemilang Kompleks Balai Kota.

Dalam sambutannya, sosok yang akrab disapa Chek Zainal ini terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DP3AP2KB dan Women’s Development Centre (WDC) serta semua pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sehingga Raker yang dimulai kemarin terlaksana dengan baik.

“Saya yakin dan percaya bahwa, diskusi yang telah terbentuk dalam Raker ini menghasilkan program-program strategis yang melibatkan kaum perempuan di berbagai bidang terutama terhadap keterlibatan perempuan dalam pembangunan Banda Aceh,” ucap Chek Zainal.

Kata Chek Zainal, Banda Aceh merupakan kota ramah gender dan dikenal sebagai kota yang sangat menjunjung tinggi kesamaan hak dan kesempatan bagi perempuan dan laki-laki. Apalagi, Banda Aceh sangat berkomitmen dalam memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat kota untuk menjalankan kehidupan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, baik dalam mengecap pendidikan, memberikan pendapat serta berkarya dan berkreativitas dalam berbagai bidang.

Keterlibatan perempuan, lanjut Chek Zainal memberikan pandangan baru dalam memandang sebuah permasalahan yang ada.

iklan

“Tentu, melalui kolaborasi antara pemikiran kaum perempuan dan laki-laki ini telah memungkinkan Banda Aceh bangkit menjadi kota yang layak bagi semua kalangan masyarakat,” ujarnya.

Melalui momentum Raker tersebut, Chek Zainal kemudian mengajak WDC dan kaum perempuan yang ada di Banda Aceh untuk terus mengembangkan potensi diri agar lebih berkontribusi dalam pembangunan kota, serta harus selalu kritis dalam menyikapi isu-isu terkini yang sedang berkembang dalam masyarakat.

“Tentu, kami percaya bahwa kaum perempuan memiliki banyak kelebihan yang bisa menjadi kunci utama dalam roda pembangunan. Selain cerdas, multi talenta, terampil, tekun, ulet serta teliti, kaum perempuan juga dikenal sosok yang tidak mudah menyerah,” ujar Chek Zainal optimis.

Raker Balee Inong Tahun 2020 ini dimulai Kamis kemarin dan berlangsung selama dua hari.

Seremonial penutupan Raker ini turut dihadiri, Wakil Ketua Dekranasda yang juga Ketua Badan Kontak Majelis Taklim Banda Aceh, Hj Fauziah, Ketua WDC Banda Aceh, Diah Fitri Handayani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh, Cut Azharida dan sejumlah tokoh perempuan Banda Aceh. (bandaacehkota/ags/data2)

Iklan